Kamis 10 Jun 2021 14:16 WIB

UEFA Tunda Proses Hukum 3 Klub Pendiri Liga Super Eropa

UEFA dan FIFA dinilai tak dapat mengambil tindakan pembalasan pada tiga klub itu.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Logo UEFA.
Foto: football italia
Logo UEFA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah secara resmi mengumumkan penangguhan proses terhadap tiga klub yang telah memutuskan untuk tidak menarik diri dari proyek Liga Super Eropa (ESL). Barcelona, Juventus, dan Real Madrid adalah tiga dari 12 klub pendiri yang tidak menyerah untuk menciptakan kompetisi baru dengan melepaskan diri dari UEFA.

"Menyusul pembukaan proses disipliner terhadap Barcelona, Juventus, dan Real Madrid atas potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA sehubungan dengan apa yang disebut proyek Liga Super, Badan Banding UEFA telah memutuskan untuk menunda proses tersebut sampai pemberitahuan lebih lanjut," tulis pernyataan UEFA dikutip dari Tribal Football, Kamis (10/6).

Kementerian Kehakiman Swiss sebelumnya telah mengindikasikan bahwa baik UEFA maupun FIFA tidak dapat mengambil tindakan pembalasan terhadap tiga kekuatan sepak bola Eropa yang disebutkan di atas.

Kendati demikian, UEFA tetap percaya diri dan akan terus mempertahankan posisinya di semua yurisdiksi yang relevan. Ketiga klub itu lolos ke Liga Champions musim depan, meskipun tidak ada yang memenangkan gelar liga domestik.

Federasi nasional tiga klub raksasa itu mengajukan entri untuk ketiganya dengan UEFA. Pengundian babak penyisihan grup Liga Champions dijadwalkan pada 26 Agustus 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement