Senin 28 Jun 2021 07:15 WIB

Beri Dukungan, First Lady Direncanakan Kunjungi Olimpiade

Pro-kontra pelaksanaan Olimpiade Tokyo masih terus berkecamuk.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ibu Negara Amerika Serikat, Jill Biden.
Foto: AP/Patrick Semansky
Ibu Negara Amerika Serikat, Jill Biden.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat (AS) berencana mempersiapkan kedatangan Ibu Negara AS, Jill Biden yang berencana meninjau Olimpiade Tokyo bulan depan. 

Sang First Lady dikabarkan akan menghadiri seremoni pembukaan olimpiade pada 23 Juli mendatang. Meski demikian, sang suami, Joe Biden tidak akan mendampingi sang istri ke negeri Sakura. 

Dalam laporan Shimbun yang dikutip Reuters, Ahad (27/6), Jill akan mendapat penyambutan khusus dari Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga. Pembicaraan tentang penanganan pandemi Covid-19 juga akan menjadi agenda pertemuan mereka. 

Di satu sisi, masih ada kekhawatiran dari berbagai pihak setelah Jepang memutuskan tetap menggelar olimpiade yang sudah ditunda selama satu tahun.

Angka penularan yang belum sepenuhnya terkendali, belum lagi jumlah penerima vaksin di Jepang yang dinilai masih rendah menjadi salah satu alasan wacana olimpiade kembali ditunda terus bergulir. 

Di satu sisi, Perancis sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 bahkan sudah mengundurkan diri untuk menyelenggarakan pesta olahraga terakbar di dunia tersebut. Presiden Prancis, Emmanuel Macron meemutuskan negaranya mundur daripada persiapan olimpiade di Paris terganggu. Kendati demikian, Macron menyatakan akan hadir dalam seremoni pembukaan Olimpiade 2020 di Tokyo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement