Ahad 11 Jul 2021 22:10 WIB

Barca Resmi Lepas Alena ke Getafe

Alena dikabarkan dilepas Barca dengan nilai transfer sebesar lima juta euro.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Carles Alena (C), Martin Braithwaite (3R) of FC Barcelona celebrate their teams fourth goal during the UEFA Champions League group G soccer match between Dynamo Kiev and FC Barcelona in Kiev, Ukraine
Foto: SERGEY DOLZHENKO/EPA
Carles Alena (C), Martin Braithwaite (3R) of FC Barcelona celebrate their teams fourth goal during the UEFA Champions League group G soccer match between Dynamo Kiev and FC Barcelona in Kiev, Ukraine

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona mengumumkan kesepakatan dengan Getafe terkait kepindahan gelandang asal Spanyol, Carles Alena.

Meski tidak ada pengumuman secara resmi dari kedua belah pihak, Alena dikabarkan dilepas Barca dengan nilai transfer sebesar lima juta euro. Selain itu, jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, itu juga disebut-sebut telah diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun oleh Getafe.

''FC Barcelona ingin mengucapkan terima kasih atas komitmen dan dedikasi yang telah diberikan Alena. Kami berharap yang terbaik pada kelanjutan kiprahnya,'' tulis pernyataan Barcelona di laman resmi klub, Ahad (11/7).

Kendati tidak menyebutkan besaran nilai transfer dari transfer tersebut, Barcelona tetap menyertakan sejumlah klausul yang tertera dalam kontrak kepindahan Alena tersebut. Klub asal Katalan itu akan mendapatkan 50 persen dari hasil penjualan Alena pada masa mendatang.

''Barcelona juga memiliki opsi pembelian kembali dan berhak menolak tawaran dari klub lain terhadap gelandang berusia 23 tahun tersebut,'' lanjut pernyataan resmi Barcelona tersebut.

Alena bergabung bersama La Masia saat baru berusia tujuh tahun. Setelah tampil di berbagai level tim junior, Alena akhirnya mendapatkan kesempatan melakoni debut bersama tim utama Blaugrana pada musim 2016/2017.

Namun, baru benar-benar resmi terdaftar sebagai anggota tim utama Barcelona pada musim 2018/2019. Pada musim debutnya bersama tim utama Barcelona, Alena hanya mengemas 27 penampilan di semua ajang.

Sempat memperkuat Barcelona pada paruh pertama musim berikutnya, Alena akhirnya dipinjamkan pada paruh kedua musim 2019/2020 ke Real Betis. Kondisi tidak jauh berbeda dialami Alne pada musim lalu.

Hanya tampil di lima partai di semua ajang pada paruh pertama musim lalu, Alena dipinjamkan ke Getafe pada paruh kedua musim lalu. Selama memperkuat Getafe, pemain asal Katalan itu merumput di 22 laga dan menyumbang dua gol di semua ajang.

Catatan ini sudah cukup membuat Getafe tertarik untuk merekrut Alena secara permanen dari Barca. Alena pun tercatat menjadi pemain kelima yang secara resmi telah dilepas Barcelona.

Sebelumnya, Barca telah melepas Junior Firpo, Matheus Fernandes, Jean Clair Todibo, dan Juan Miranda. Pun dengan keputusan Barcelona meminjamkan Trincao ke Wolverhampton Wanderers.

Langkah ini disebut-sebut sebagai upaya manajemen Barcelona untuk bisa menyeimbangkan neraca keuangan klub, termasuk memenuhi ketentuan batasan gaji pemain yang telah ditetapkan oleh La Liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement