Sabtu 24 Jul 2021 19:42 WIB

Klopp Enggan Ambil Risiko untuk Van Dijk dan Gomez

Van Dijk mengalami cedera ACL parah pada Oktober lalu.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Virgil van Dijk dari Liverpool bereaksi ketika dia meninggalkan lapangan selama pertandingan Liga Premier Inggris antara Everton dan Liverpool di Liverpool, Inggris, 17 Oktober 2020.
Foto: EPA-EFE / Cath Ivill
Virgil van Dijk dari Liverpool bereaksi ketika dia meninggalkan lapangan selama pertandingan Liga Premier Inggris antara Everton dan Liverpool di Liverpool, Inggris, 17 Oktober 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp tidak ingin mengambil risiko terhadap dua bek tengah Virgil van Dijk, dan Joe Gomez. Klopp menyebut ia tak akan memaksakan kedua pemain untuk cepat bergabung dengan skuad utama the Anfield Gank menjelang kampanye 2021/2022 berlangsung.

"Dengar, saya pikir mereka melakukan segalanya, mereka bermain sepak bola, kami menjaga mereka dalam pelatihan, kami melakukan hal-hal yang bisa kami lakukan," kata Klopp kepada Sky Sports dikutip Sportskeeda, Sabtu (24/7).

Liverpool mengalami kemunduran signifikan pada musim lalu. Itu terjadi lantaran mereka mengalami krisis pemain bertahan karena absennya beberapa pilar penting.

Van Dijk mengalami cedera ACL parah pada Oktober lalu, menyusul Joe Gomez yang terpaksa menepi karena masalah pada lutut kirinya beberapa pekan kemudian. Sejak itu, keduanya absen dan tak bisa membantu tim.

Alhasil Klopp terpaksa menggunakan sosok Fabinho dan Jordan Henderson sebagai seorang pemain bertahan dalam beberapa pertandingan.

"Kami hanya harus bersabar, dan bersiap untuk satu musim penuh, bukan hanya memikirkan partai pramusim. Saya jelas tak ingin mengambil risiko untuk menurunkan mereka di pertandingan ini," kata pelatih asal Jerman ini.

Kemitraan defensif antara Van Dijk dan Joe Gomez sangat penting bagi Liverpool untuk memenangkan gelar liga pertama mereka di era Liga Primer Inggris 2019/2020. Setelah menunggu selama 30 tahun, mereka sukses membawa kembali trofi yang paling ditunggu-tunggu ke Anfield.

Kedua pemain sejatinya sudah dimasukkan kembali ke dalam pelatihan dengan tim utama, tetapi Klopp dengan tegas meragukan peluang mereka untuk sepenuhnya fit pada awal musim baru.

"Berurusan dengan krisis pertahanan seperti tahun sebelumnya hanya akan menyebabkan lebih banyak kesengsaraan. Jadi ada spekulasi tambahan untuk mengecualikan duo defensif dari beberapa hari pertandingan pertama musim baru.

Dua pertandingan pertama Liverpool pada Liga Primer Inggris musim ini adalah melawan Norwich City dalam pertandingan tandang sebelum menjamu Burnley di Stadion Anfield.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement