Selasa 10 Aug 2021 18:02 WIB

Belum Gabung, Messi Sudah Berikan Kontribusi untuk PSG

Jumlah pengikut media sosial PSG meroket.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 FILE - Dalam file foto 16 April 2019 ini, penyerang Barcelona Lionel Messi merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama perempat final Liga Champions, leg kedua, pertandingan sepak bola antara FC Barcelona dan Manchester United di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol.
Foto: AP/Manu Fernandez
FILE - Dalam file foto 16 April 2019 ini, penyerang Barcelona Lionel Messi merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama perempat final Liga Champions, leg kedua, pertandingan sepak bola antara FC Barcelona dan Manchester United di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Paris Saint Germain (PSG) menjadi klub yang paling santer dikabarkan akan menjadi pelabuhan baru Lionel Messi. Ketidakmampuan Barcelona untuk mengontrak kembali pemain berjuluk La Pulga itu langsung dimanfaatkan Les Parissien dengan melakukan negosiasi dengan perwakilan Messi. 

Pemain berusia 34 tahun itu pun dikabarkan tinggal selangkah lagi menjadi penggawa anyar PSG dengan status free transfer. Tidak hanya itu, PSG juga siap mengikat Messi dengan durasi kontrak selama dua tahun, lengkap dengan opsi perpanjangan selama satu tahun, dengan nilai kontrak mencapai 25 juta poundsterling per tahun. 

Kendati begitu, hingga kini, Messi dikabarkan belum sepenuhnya mendarat di Paris dan menandatangani kontrak bersama PSG. Pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah tersebut disebut-sebut baru akan datang ke Paris begitu semua administrasi dan formalitas kepindahannya ke Les Parissiens sudah selesai. 

Namun, meski belum secara resmi menjadi penggawa anyar PSG, Messi ternyata sudah memberikan kontribusi buat Les Parissien, terutama di dunia maya. Potensi kedatangan Messi ke Stadion Parc de Princess pada musim depan terbukti telah mendongkrak jumlah pengikut atau followers di berbagai akun media sosial PSG. Dalam tiga hari terakhir, terutama pada sepanjang akhir pekan lalu, akun resmi Facebook dan Instagram PSG kebanjiran pengikut baru. Tidak tanggung-tanggung, jumlah pengikut baru di dua platform media sosial resmi milik PSG itu diperkirakan mencapai satu juga pengikut. 

''Jika kami menambahkan Twitter dan YouTube, maka setidaknya ada 1,2 juta pengikut baru di media sosial PSG dalam tiga hari terakhir. Angka pengikut baru ini belum termasuk dengan pengikut baru yang muncul pada Senin (9/8) waktu setempat,'' tutur salah satu analis dari TalkWalker, Christopher Toutin, kepada L'Equippe, Selasa (10/8). 

Talkwalker merupakan perusahaan analisis aktivitas media sosial yang berbasis di Amerika Serikat. Sementara berdasarkan lansiran Le Parissien, jumlah pengikut akun media sosial milik PSG diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 10 kali lipat pasca munculnya kabar terkait potensi kehadiran Messi. 

Di sisi lain, Talkwalker juga merilis data terkait peningkatan jumlah followers Messi. Setidaknya ada kenaikan jumlah pengikut di berbagai akun media sosial milik Messi hingga mencapai lima juta pengikut baru terhitung sejak awal Agustus silam atau sejak rumor kepindahan PSG mulai muncul di berbagai media. Jumlah pengikut baru ini termasuk di akun Facebook dan Instagram Messi dengan total mencapai 355 juta pengikut baru.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement