Jumat 13 Aug 2021 19:41 WIB

Messi Datang, Tagihan Gaji PSG Bengkak Rp 5 T Per Tahun

total pengeluaran gaji PSG menjadi 300 juta euro

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Striker Argentina Lionel Messi berpose dengan jersey PSG barunya setelah konferensi pers sebagai bagian dari presentasi resminya di stadion Parc des Princes, di Paris, Prancis, 11 Agustus 2021.
Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Striker Argentina Lionel Messi berpose dengan jersey PSG barunya setelah konferensi pers sebagai bagian dari presentasi resminya di stadion Parc des Princes, di Paris, Prancis, 11 Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS --Paris Saint-Germain sepertinya menikmati bursa transfer musim panas tahun ini di sepak bola Eropa.

Kedatangan Lionel Messi usai hengkang dari Barcelona, menjadi topik pembicaraan di seluruh dunia, dan melanjutkan beberapa bulan yang sibuk di ibu kota Prancis tersebut.

Messi mengikuti jejak kapten Real Madrid Sergio Ramos, serta kiper Gianluigi Donnarumma, setelah keluar dari Milan.

Bahkan PSG menampung gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum. Empat pemain tersebut didapatkan PSG secara gratis.

PSG hanya mengeluarkan dana sebesar 60 juta euro untuk pembelian Achraf Hakimi dari Inter Milan. Namun, hadirnya pemain-pemain bintang ini tentu akan membuat pengeluaran gaji PSG membengkak.

Raksasa Ligue 1 Prancis itu telah memiliki pemain dengan gaji tertinggi di dunia, Neymar. Hingga Kylian Mbappe yang gajinya juga tidak murah.

Dikutip dari Mirror, Jumat (13/8), total pengeluaran gaji PSG menjadi 300 juta euro atau Rp 5 triliun per tahun, sejak kehadiran Messi di Parc des Princes.

Messi digaji sekitar 40 juta euro atau Rp 675 miliar per tahun. Gaji tersebut melebihi yang dibayarkan ke Neymar, sebesar 36,8 juta euro.

Pemain dengan bayaran tertinggi selanjutnya ada Mbappe, yang setahun menghasilkan 25 juta euro. Total, ketiga pemain tersebut membuat PSG mengeluarkan uang sebesar 100 juta euro, tidak termasuk pajak. Pemain dengan bayaran tinggi lainnya ada Sergio Ramos, yaitu 21 juta euro.

Selanjutnya, pemain bintang Marco Verratti dan Marquinhos, sama-sama digaji 15 juta euro, dengan Angel Di Maria 14 juta euro.

Kiper Donnarumma dan Keylor Nava sama-sama mendapatkan gaji 12 juta euro, sama seperti wakil kapten dan bek Presnel Kimpembe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement