Senin 23 Aug 2021 16:44 WIB

Manchester City Segera Resmikan Patung Kompany dan Silva

Keduanya dianggap sebagai legenda Manchester City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Vincent Kompany mengangkat trofi Piala Liga Inggris.
Foto: AP Photo/Tim Ireland
Vincent Kompany mengangkat trofi Piala Liga Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City bakal meresmikan patung Vincent Kompany dan David Silva, yang terletak di sekitar kompleks Stadion Etihad. Rencananya, City akan meresmikan dua patung tersebut sebelum menerima lawatan Arsenal pada pekan ketiga Liga Primer Inggris, Sabtu (28/8) petang WIB. 

Baik Kompany dan Silva dinilai memberikan kontribusi signifikan saat memperkuat The Citizen. Kompany diketahui membela City pada 2008 hingga 2019. Mengemas 360 penampilan di semua ajang, eks kapten City itu sukses mempersembakan empat titel Liga Primer Inggris, dua trofi Piala FA, dan empat gelar juara Piala Liga Inggris. 

Sementara Silva tercatat masih menempati urutan teratas dalam daftar pemberi assist terbanyak The Citizen dengan torehan 141 assist dari 436 penampilan di semua ajang. Selama satu dekade membela City, tepatnya pada 2010 hingga 2020, Silva memboyong empat gelar juara Liga Primer Inggris, dua trofi Piala FA, dan tiga titel Piala Liga Inggris. 

Pemimpin Dewan Direksi Manchester City, Khaldoon Al Mubarak, mengungkapkan, tanpa kehadiran patung-patung tersebut, baik Kompany dan Silva sudah menjadi simbol dari kesuksesan City dalam satu dekade terakhir. ''Namun, karya seni ini akan memberikan kesempatan kepada kami dan generasi-generasi berikutnya untuk terus mengingat momen-momen ajaib dan kesuksesan yang telah diciptakan dua legenda ini,'' tutur Al Mubarak seperti dilansir Sky Sports, Senin (23/8).

Patung Silva dan Kompany ini merupakan hasil karya dari Andy Scott. Pematung asal Skotlandia itu ditunjuk oleh manajemen Manchester City untuk memimpin proyek pembuatan patung tiga mantan pemain Manchester City. Selain Kompany dan Silva, City akan membuat patung striker asal Argentina, Sergio Aguero. 

Namun, berbeda dari Kompany dan Silva, peresmian patung Aguero itu rencananya baru akan dilakukan pada tahun depan. Meninggalkan City pada Mei 2021 silam, Aguero telah menorehkan tinta emas dalam buku sejarah The Citizen. Striker yang hijrah ke Barcelona itu masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah The Citizen dengan torehan 260 gol dari 390 penampilan selama 10 musim membela City. 

Raihan gelar Liga Primer Inggris dan torehan Piala Liga Inggris musim lalu menjadi persembahan terakhir Aguero buat The Citizen. Total, Aguero telah membawa City meraih lima gelar Liga Primer Inggris, satu trofi Piala FA, dan enam gelar juara Piala Liga Inggris. Sementara prestasi terbaik Aguero di pentas kompetisi Eropa bersama City adalah saat mengantarkan The Citizen ke partai final Liga Champions musim lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement