Sabtu 28 Aug 2021 18:34 WIB

FP3 GP Inggris Milik Jack Miller, Valentino Rossi P7

Suhu trek yang dingin cukup menyulitkan para pembalap pada FP 3 GP Inggris.

Pembalap Pramac Racing Jack Miller tempati posisi pertama latihan bebas 3 (FP3) untuk berada di posisi teratas Q2 dalam penentuan starting grid terdepan GP Inggris di Sirkuit Silverstone yang akan berlangsung Ahad (29/8).
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Pembalap Pramac Racing Jack Miller tempati posisi pertama latihan bebas 3 (FP3) untuk berada di posisi teratas Q2 dalam penentuan starting grid terdepan GP Inggris di Sirkuit Silverstone yang akan berlangsung Ahad (29/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jack Miller menjadi pembalap tercepat dari ketiga sesi latihan bebas Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone berkat catatan waktu yang ia torehkan di FP3 pada Sabtu (28/8) pagi waktu setempat. Pada sepuluh menit terakhir, para pembalap mulai melakukan time attack dan Jack Miller menjadi pembalap pertama yang mengalahkan catatan terbaik dua sesi latihan sebelumnya yang ditorehkan Fabio Quartararo dengan 1 menit 59,288 detik.

Suhu trek yang dingin cukup menyulitkan para pembalap memperbaiki catatan waktunya. Beberapa dari mereka bahkan terjatuh karena kurangnya daya cengkeram ban. Juara GP Inggris 2019 Alex Rins dari tim Suzuki terjatuh di Tikungan 12 saat tiga menit tersisa, disusul pembalap tim Repsol Honda Pol Espargaro.

Baca Juga

Pemuncak klasemen sementara Quartararo juga sempat terjatuh sebelum mencatatkan waktu terbaik di FP2. Sang pembalap Yamaha mendapati kakinya terkilir, tapi itu bukan gangguan baginya ketika di atas motor.

Kendati demikian, El Diablo tak mampu lebih cepat dari catatan yang ia torehkan di FP2 dan menempati peringkat kedua di catatan waktu kombinasi ketiga latihan. Pembalap Aprilia Aleix Espargaro menempati peringkat tiga catatan kombinasi, diikuti rookie tim Pramac Racing Jorge Martin dan pembalap Ducati Francesco Bagnaia.

Meski terjatuh, catatan Pol Espargaro bertahan di P6 dan Valentino Rossi membuat kejutan sebagai yang tercepat ketujuh di balapan perpisahannya dengan Silverstone sebelum pensiun akhir tahun ini.

Juara MotoGP musim lalu Joan Mir, Brad Binder, dan Marc Marquez merebut tiga tiket terakhir ke Q2 setelah melengkapi sepuluh besar catatan waktu kombinasi. Sedangkan Johann Zarco dan Alex Rins bakal harus melewati Q1 terlebih dahulu setelah FP3 yang sangat ketat di mana selisih catatan 14 pebalap teratas terpaut dalam rentang kurang dari satu detik.

MotoGP kembali digelar di Silverstone sebagai seri ke-12 di kalender setelah tahun lalu balapan GP Inggris dibatalkan karena pandemi Covid-19. Awal musim ini tidak ada pembalap Inggris yang membalap di kelas primer, tapi di Silverstone akhir pekan ini paling tidak dua pembalap tuan rumah mendapat kesempatan tampil di depan para pendukungnya.

Menyusul hengkangnya Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha di tengah musim, Cal Crutchlow bakal berseragam tim Monster Energy Yamaha sebagai tandem Quartararo di Silverstone. Kemudian pembalap Moto2 Jake Dixon mendapat kesempatan debut di MotoGP bareng tim Petronas Yamaha SRT. Ia akan mengendarai motor M1 spesifikasi 2019 milik Morbidelli akhir pekan ini. Dixon terjatuh di FP3 dan finis di peringkat ke-21.

Quartararo tiba di Inggris dengan keunggulan 47 poin sebagai pemuncak klasemen dari penantang terdekatnya, yaitu Francesco Bagnaia dari tim Ducati dan Joan Mir dari tim Suzuki. Sementara Johann Zarco terlempar ke peringkat empat setelah hasil kurang memuaskan di Austria.

Marc Marquez masih memegang rekor lap dan pole position di Silverstone. Sang juara dunia delapan kali masih memulihkan diri dari cedera lengan dan bahu musim ini. Pembalap Spanyol itu terlibat duel klasik dengan kompatriotnya Alex Rins di Silverstone 2019, tapi Rins mencuri kemenangan di tikungan terakhir menuju finis, menjadi salah satu finis terketat dalam sejarah MotoGP.

Lorenzo Savadori menarik diri dari GP Inggris menyusul kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya fit pascaoperasi. Pembalap Aprilia itu mendapat cedera pergelangan kaki setelah terlibat kecelakaan dengan pembalap KTM Dani Pedrosa di Grand Prix Styria.

Sepuluh pembalap yang lolos ke Q2

1 Jack Miller Ducati Team (GP21)

2 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)

3 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP)

4 Jorge Martin Pramac Ducati (GP21)*

5 Francesco Bagnaia Ducati Team (GP21)

6 Pol Espargaro Repsol Honda (RC213V)

7 Valentino Rossi Petronas Yamaha (YZR-M1)

8 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR)

9 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)

10 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement