Kamis 02 Sep 2021 15:27 WIB

Van Dijk Alami Cedera Saat Perkuat Timnas Belanda

Meski sempat cedera di jari tangannya, Van Dijk kemungkinan besar masih bisa tampil.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek Liverpool dan timnas Belanda, Virgil van Dijk.
Foto: EPA-EFE/Robinutrecht
Bek Liverpool dan timnas Belanda, Virgil van Dijk.

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Bek tengah Liverpool, Virgil Van Dijk, kembali mengalami cedera, tepatnya saat memperkuat timnas Belanda menghadapi Norwegia di lanjutan penyisihan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Kamis (2/9) dini hari WIB. Kendati begitu, Van Dijk masih bisa menyelesaikan laga pertamanya bersama tim Oranje usai absen di gelaran Euro 2020 tersebut.

Kabar cedera Van Dijk ini tentu bisa memicu kekhawatiran, baik buat Liverpool ataupun timnas Belanda. Maklum, bek tengah berusia 30 tahun itu merupakan sosok sentral dalam mengawal jantung pertahanan di kedua tim tersebut.

Apalagi, Van Dijk juga baru pulih dari cedera parah, yaitu robeknya bagian Anterior Cruciate Ligament (ACL) di lutut kanannya. Cedera yang memaksa mantan bek tengah Glasgow Celtic itu absen dari lapangan hijau selama sembilan bulan. Beruntung, cedera teranyar yang dialami Van Dijk tidak terlalu serius.

Van Dijk mengalami dislokasi di jari tengah pada tangan kirinya. Cedera itu bahkan ditangani tim medis timnas Belanda di pinggir lapangan, tepatnya pada awal babak kedua.

''Mereka terlihat mendorong jari Van Dijk ke posisi semula, sebelum akhirnya menempelkan plester yang mengikat jari tengah dan kelingking Van Dijk,'' tulis laporan Daily Mail, Selasa (2/9).

Dengan kondisi tersebut, Van Dijk kemudian melanjutkan laga. Dalam partai yang berakhir dengan kegagalan Belanda memetik poin penuh usai ditahan imbang Norwegia, 1-1, itu, Van Dijk pun tampil secara penuh selama 90 menit.

Meski sempat mengalami masalah di jari tangan kirinya, Van Dijk kemungkinan besar masih bisa diturunkan saat Belanda melakoni dua laga lanjutan penyisihan Grup G babak kualifikasi Piala Dunia 2022, yaitu kala menjamu Montenegro, 4 September, dan Turki, 7 September 2021.

Dari empat laga penyisihan Grup G yang telah dimainkan, Belanda masih terdampar di peringkat kedua dengan koleksi dua kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kali kalah. Tim besutan Louis Van Gaal itu masih tertinggal satu poin dari Turki, yang berada di puncak klasemen sementara dengan raihan delapan poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement