Senin 13 Sep 2021 20:47 WIB

Tentang CR7 yang Masih Punya Kecepatan di Usia Senja

CR7 membukukan 34,20 km/jam.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain  Manchester United Cristiano Ronaldo pada akhir pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Manchester, Inggris, Sabtu (11/9).
Foto: EPA-EFE/Peter Powel
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo pada akhir pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Manchester, Inggris, Sabtu (11/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Cristiano Ronaldo baru saja tampil impresif dalam debut keduanya bersama Manchester United. Ia mencetak brace ke gawang Newcastle United.

Hasil akhir, MU mengalahkan Newcastle United, 4-1 di Stadion Old Trafford, Sabtu (11/9) malam WIB. Rupanya, statistik luar biasa Ronaldo bukan hanya sekadar urusan menggetarkan jala lawan.

Menurut Opta, hanya ada satu pemain yang lebih cepat darinya di partai tersebut. Dia adalah Aaron Wan-Bissaka yang berlari dengan kecepatan 34,59 kilometer per jam. Sementara CR7 membukukan 34,20 km/jam.

"Itu membuktikan dia belum kehilangan kecepatan yang dapat mengganggu pertahanan tim mana pun di sepak bola," demikian laporan yang dikutip dari laman resmi MU, Senin (13/9).

Perlu diketahui, ia sudah berumur 36 tahun. Namun kapten Portugal itu memperlihatkan kebugaran berkelas di usia senja.

BBC menyoroti akselerasi Ronaldo saat memafaatkan umpan terobosan Luke Shaw pada menit ke-62. Ia beradu kecepatan dengan bek lawan, dan memperdaya Freddie Woodman.

Masih ada fakta penting lainnya. Eks Real Madrid itu pemain tertua yang mencetak dua gol dalam pertandingan di level atas Liga Inggris, setelah penggawa Burnley Graham Alexander 11 tahun lalu, dan Ryan Giggs pada 2013.

BBC juga menyinggung rekor rentang waktu comeback terpanjang di Liga Primer atas nama Ronaldo. Sebelum mentas melawan Newcastle, kali terakhir ia bermain di ajang ini pada Mei 2009. Tepatnya 12 tahun 118 hari lalu, saat Iblis Merah berhadapan dengan Arsenal.

Ia memecahkan rekor bek Crystal Palace, Damien Delaney (11 tahun 155 hari, 2002-2013). Masih banyak catatan individu yang bisa ditorehkan sang bintang seiring musim ini berjalan. Tapi fakta tentang kondisi fisiknya, menjadi sorotan.

Meski demikian, pelatih United Ole Gunnar Solskjaer tetap berhati-hati mengelola sosok bernomor punggung tujuh itu. Ia ingin memastikan Ronaldo selalu berada dalam kondisi puncak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement