Rabu 15 Sep 2021 20:45 WIB

Rangkuman Fakta Angka Jelang Atletico Vs Porto 

Atletico Madrid hanya kalah dua kali dari 11 laga kandang melawan tim Portugal.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih kepala Atletico Madrid Diego Simeone bereaksi pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Atletico Madrid dan Villarreal CF di stadion Wanda Metropolitano di Madrid, Spanyol, Senin (30/8) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Pelatih kepala Atletico Madrid Diego Simeone bereaksi pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Atletico Madrid dan Villarreal CF di stadion Wanda Metropolitano di Madrid, Spanyol, Senin (30/8) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Atletico Madrid akan mengawali langkah mereka di Liga Champions musim 2021/22 melawan FC Porto di Estadio Wanda Metropolitano, Madrid, Kamis (16/9) dini hari WIB. Performa apik Atletico di La Liga - dengan menyapu bersih empat pekan pertama dengan kemenangan akan diuji pada laga ini. 

 

Berikut adalah fakta dan data kedua tim jelang bentrokan: 

 

9 Ini akan menjadi pertemuan kesembilan antara Atletico Madrid dan FC Porto di kompetisi Eropa, dan pertama sejak mereka saling berhadapan di babak penyisihan grup Liga Champions pada 2013-14. Atletico telah memenangkan tiga dari delapan pertandingan sebelumnya, dengan FC Porto memenangkan dua (Seri: 3). 

 

2 Atletico Madrid dan FC Porto telah tergabung dalam grup Liga Champions yang sama pada dua kesempatan sebelumnya, sebelum musim ini. FC Porto memenangkan kedua pertandingan di musim 2009-10, sebelum Atletico Madrid menang kandang dan tandang di musim 2013-14. 

 

2 Atletico Madrid hanya kalah dua kali dari 11 pertandingan kandang sebelumnya melawan tim Portugal di kompetisi Eropa (Menang: 7, Seri: 2) – 0-3 melawan FC Porto pada Desember 2009 dan 1-2 melawan Benfica pada September 2015. 

 

2 Ini akan menjadi pertemuan pertama FC Porto dengan lawan Spanyol di Liga Champions sejak 2014-15, ketika mereka memenangkan kedua pertandingan melawan Athletic Club di babak penyisihan grup. Namun, dalam sejarah Piala Eropa/Liga Champions, FC Porto hanya memenangkan 29 persen pertandingan melawan tim Spanyol (9 dari 31 pertandingan). 

 

41 Sejak musim pertama Diego Simeone sebagai manajer di Liga Champions (pada 2013-14), pelatih Argentina itu telah memenangkan 41 dari 79 pertandingannya di kompetisi tersebut. Satu-satunya manajer dengan lebih banyak kemenangan di Liga Champions pada periode ini adalah Pep Guardiola (56). 

 

4 FC Porto telah memenangkan empat dari lima pertandingan tandang terakhir mereka di babak penyisihan grup Liga Champions (Kalah: 1), dengan satu-satunya kekalahan mereka dalam perjalanan ini datang musim lalu melawan runner-up, Manchester City (1-3 di Stadion Etihad). 

 

28 Sejak melakukan debutnya di Liga Champions untuk Atletico Madrid pada September 2014, Jan Oblak mencatatkan clean sheet lebih banyak daripada kiper lain di kompetisi ini (28). 

 

5 Sergio Oliveira adalah pencetak gol terbanyak Porto di Liga Champions musim lalu dengan lima gol – gelandang terakhir yang mencetak lebih banyak gol dalam satu musim kompetisi adalah pemain Liverpool Steven Gerrard pada 2008/09 (7). 

 

21 Antoine Griezmann telah mencetak 21 gol dalam 48 penampilan Liga Champions untuk Atletico Madrid, sembilan lebih banyak dari pemain lain dalam sejarah Piala Eropa/Liga Champions mereka. Di babak grup, ia telah terlibat dalam 22 gol dalam 29 pertandingan untuk Atletico (15 gol, 7 assist). 

 

38 Bek FC Porto Pepe akan menghadapi Atletico Madrid di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak final 2015-16, di mana Real Madrid menang 5-3 melalui adu penalti. Pemain berusia 38 tahun itu mencetak gol dalam penampilan terakhirnya melawan Atletico, dalam hasil imbang 1-1 untuk Real Madrid di La Liga pada April 2017.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement