Jumat 17 Sep 2021 10:00 WIB

Resmi, Ini Pembagian Grup Liga 2 Musim 2021

Ada delapan tim yang berhak menjadi tuan rumah.

Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, berhak jadi salah satu tuan rumah Liga 2 musim ini.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, berhak jadi salah satu tuan rumah Liga 2 musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persiapan matang telah dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjelang bergulirnya Liga 2 2021. Pihaknya telah menggelar manajer meeting yang diikuti oleh perwakilan klub Liga 2 2021 pada Kamis (16/9). 

Pada pertemuan manajer Liga 2 2021, LIB menjelaskan kepada semua klub terkait segala peraturan yang harus diikuti dan ditaati. Terutama terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) yang selalu menjadi fokus dan perhatian pemerintah selama pamdemi Covid-19 berlangsung. 

"Pada prinsipnya kami berharap ada standar yang sama dengan Liga 1. Pada Liga 2 juga harus menerapkan prokes yang ketat dan disiplin seperti halnya pada Liga 1. Bqik itu sebelum, selama dan sebelum pertandingan," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/9). 

Selanjutnya, LIB juga menjelaskan tentang pembagian grup dan tuan rumah babak penyisihan grup. Seperti diketahui, sebelumnya ada 11 tim yang berminat menjadi tuan rumah babak penyisihan grup, antara lain; PSMS Medan, PSPS Riau, Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, Martapura Dewa United FC, PSKC Cimahi, Perekat Tegal, PSCS Cilacap, Persis Solo, Kalteng Putra FC, dan Persiba Balikpapan. 

Dari 11 klub yang mengajukan diri sebagai rumah tersebut, tiga di antaranya tidak disetujui. Mereka adalah PSMS Medan yang berdiri sendiri serta Perekat Tegal dan Rans Cilegon yang hasil verifikasi menunjukkan beberapa kriteria yang kurang mendukung untuk menjadi tuan rumah. 

Dengan demikian,delapan klub yang lainnya  bisa menjadi tuan rumah babak penyisihan grup. Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan pihakmya telah menentukan tuan rumah babak penyisihan grup putaran pertama. 

"Untuk tuan rumah putaran kedua, akan ditentukan kemudian, menyesuaikan dengan perkembangan terkait status dan kondisi PPKM di kota dari klub yang mengajukan status sebagai tuan rumah," kata Sudjarno. 

Lebih lanjut, Sudjarno menjelaskan, rencananya kick-off Liga 2-2021 akan digelar pada 26 September. Tapi kepastian untuk hal itu masih harus dikonsultasikan lebuh dulu kepada pemerintah. 

Adapun pembagian grup Liga 2 2021 adalah sebagai berikut: 

 

Grup A

Sriwijaya FC (Tuan Rumah Putaran 1, Stadion Gelora Jakabaring) 

 

PSPS Riau

KS Tiga Naga

Semen Padang FC

PSMS Medan

Babel United 

 

Grup B

Martapura Dewa United (Tuan Rumah Putaran 1, Stadion Madya Senayan) 

 

PSKC Cimahi

Rans Cilegon United

Badak Lampung FC

Perserang Serang

Persekat Tegal 

 

Grup C

Persis Solo (Tuan Rumah Putaran 1, Stadion Manahan) 

 

PSCS Cilacap

Persijap Jepara

PSUM Yogyakarta

Hizbul Wathan FC

Putra Safin Grup 

 

Grup D

Kalteng Putra (Tuan Rumah Putaran 1, Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya) 

 

Persiba

Mitra Kukar

Sulut United

PSBS Biak

Persewar Waropen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement