Selasa 05 Oct 2021 20:17 WIB

Persis Ditahan Imbang 1-1 oleh Persijap

Kedua tim harus rela untuk berbagi poin setelah hasil imbang 1-1.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Persis Solo, Arapenta Poerba, saat laga Persis melawan Putra Safin Group (PSG) Pati di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Ahad (26/9) malam.
Foto: dok Persis Solo
Pemain Persis Solo, Arapenta Poerba, saat laga Persis melawan Putra Safin Group (PSG) Pati di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Ahad (26/9) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Persis Solo harus puas dengan hasil imbang saat berhadapan dengan Persijap Jepara pada laga kedua Grup C Liga 2 2021 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (5/10) sore WIB. Kedua tim harus rela untuk berbagi poin setelah hasil imbang 1-1.

Persis berusaha membongkar pertahanan Persijap. Namun ancaman justru terjadi ke gawang Persis saat Busari berhasil memotong bola dari Rian dan langsung melepaskan tendangan dari jarak jauh setelah melihat Wahyu Tri meninggalkan posisinya, beruntung bagi Persis itu masih meleset dari sasaran.

Di lima menit pertama bola lebih banyak dikuasai oleh Persis, tapi Eky Taufik dkk masih kesulitan untuk mengembangkan permainan. Sementara itu, Persijap lebih banyak mengandalkan serangan balik untuk memberikan ancaman ke gawang Persis.

Persijap akhirnya berhasil mencuri keunggulan melalui serangan yang dibangun dari sisi kanan. Di menit ke-18 Iqmal berhasil menggetarkan gawang Persis ketika memanfaatkan umpan terobosan dari Putra Chaniago.

Di menit ke-20 Persis kembali mendapat ancaman dari pergerakan Putra yang membuat Muhammad Kanu terpaksa melakukan pelanggaran. Kanu pun dihukum kartu kuning oleh wasit.

Persis mendapat peluang di menit ke-23 saat mendapat hadiah tendangan di sisi kanan. Abduh Lestaluhu yang mengeksekusi bola mati tersebut langsung mengarahkan ke gawang namun masih bisa diamankan oleh Harlan Suardi.

Di menit ke-30 umpan terobosan yang dilepaskan Abduh Lestaluhu masih belum bisa menjangkau Alberto Goncalves dan justru lebih dekat kepada kiper. Sejauh ini belum ada ancaman berarti dari Persis ke gawang Persijap.

Persis akhirnya mendapat peluang emas di menit ke-34 saat Kanu melepaskan umpan jauh ke kotak penalti. Namun, Delfin Rumbino yang berada di posisi tersebut gagal memaksimalkannya.

Sejurus kemudian Miftahul Hamdi juga mendapat peluang namun gagal melepaskan tembakan yang terarah ke gawang dari kotak penalti.

Di menit ke-38 Miftahul Hamdi akhirnya berhasil memaksimalkan peluang yang dimiliki saat mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti. Tendangan yang mengarah ke sisi kanan gawang gagal ditepis dengan sempurna oleh Harlan dan membuat skor menjadi imbang 1-1, yang bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persis langsung mendapat peluang ketika dihadiahi tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Poerba yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut berusaha mengirim bola ke kotak penalti tapi dapat diamankan oleh Harlan.

Persis kembali mendapat hadiah tendangan bebas ketika Arapenta dilanggar oleh Ricki di menit ke-50. Tapi upaya dari Kanu dengan tendangan ke area penalti masih bisa diamankan dengan mudah oleh Harlan.

Di menit ke-54 giliran Persijap yang mendapat peluang dari situasi bola mati. Busari yang mengeksekusi tendangan bola mati berhasil menciptakan kemelut di mulut gawang Persis setelah tepisan tidak sempurna dari Wahyu Tri justru jatuh ke kaki Faldi Tama. Tapi upaya Faldi masih bisa diblokir.

Persis terus menekan dengan beberapa peluang yang tercipta dari situasi bola mati. Upaya Ferdinan Sinaga dari tendangan bebas dan tendangan sudut mampu memberikan bahaya ke gawang Persijap tapi belum ada yang membuahkan hasil.

Kedua tim sama-sama kesulitan mengembangkan permainan karena beberapa umpan ke area pertahanan lawan masih belum tepat sasaran untuk bisa dimaksimalkan oleh pemain depan. Tidak ada peluang berarti hingga menit ke-80 pertandingan.

Hingga di menit ke-85 Rifaldi Bawuo mengambil keputusan terburu-buru untuk melepaskan tembakan ke gawang, sementara Ferdinan dan Beto berada dalam posisi yang lebih menguntungkan. Tendangan Bawuo pun masih belum tepat sasaran.

Di menit ke-88 Rifaldi kembali mendapat peluang emas di depan gawang saat menerima umpan dari lemparan ke dalam. Namun tendangan setengah voli nya masih terlalu lemah dan dapat diamankan dengan mudah oleh Harlan.

Selanjutnya di menit ke-90 peluang dimiliki oleh Persis ketika mendapat hadiah tendangan bebas. Namun, upaya Yuhyunkoo dari situasi bola mati yang mengarah langsung ke gawang masih bisa ditepis oleh Harlan.

Sejurus kemudian, percobaan Kanu dengan tendangan keras dari luar kotak penalti saat melihat ada ruang tembak juga masih bisa diamankan oleh Harlan. Di menit ke-94, umpan Yuhyunkoo ke kotak penalti dari situasi bola mati juga belum membuahkan hasil. Skor pun bertahan 1-1 hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

Persijap: Harlan Suardi (kiper); Ardan Aras, Angger Iswanto, Ilham Zusril Mahendra, Muhammad Ilham; Aji Kurniawan, Putra Chaniago, Ricki Ariansyah Rian; Busari, Hendri Satriadi, Iqmal Nur Samsu.

Cadangan: M. Ridho Alwafa, Agung Mannan, Alvin Dero, Wiranto, Dody Alfayed, Fitrah Ramadhan, Rudy Foler, Faldi Ades Tama, Prisca Elisa Womsiwor, Wisnu Wardani.

Asisten Pelatih: Suganda

Persis: Wahyu Tri Nugroho (kiper); Eky Taufik Febrianto, Fabiano Da Rosa, M. Abduh Lestaluhu, Rian Miziar; Arapenta Poerba, Delfin Rumbino, M. Kanu; Alberto Goncalves, Heri Susanto, Miftahul Hamdi.

Cadangan: Nuri Agus, Eriyanto, Ganjar Mukti, Agi Pratama, Assanur Rijal, Khairillah Abdel, Sandi Sute, Yu Hyunkoo, Ferdinan Alfred, Rifaldi Bawuo.

Pelatih: Eko Purdjianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement