Jumat 15 Oct 2021 07:13 WIB

Tantang Brasil, Laga Hidup-Mati Uruguay

Uruguay membutuhkan semua atribut pun spirit untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
 Pelatih timnas Uruguay Oscar Tabarez.
Foto: AP/Francisco Seco
Pelatih timnas Uruguay Oscar Tabarez.

REPUBLIKA.CO.ID, MANAUS -- Timnas Brasil lebih diunggulkan saat bertemu Uruguay pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Amerika Selatan (Conmebol) di Stadion Arena de Amazonia, Brasil, Jumat (15/10). Selecao, julukan Brasil, tampil superior pada babak kualifikasi setelah tak pernah menelan kekalahan dari 10 pertandingan.

Armada besutan Tite sejauh ini berhasil memenangkan sembilan pertandingan dengan hanya meraih sekali imbang versus Kolombia pada pertandingan sebelumnya. Praktis, saat ini Brasil bercokol di peringkat pertama klasemen mengantongi 28 angka, unggul enam angka dari Argentina di kursi kedua.

Kini menghadapi salah satu pesaing kuat Uruguay, Brasil tentu tidak ingin mengulang kegagalan memetik tiga angka. Neymar Jr dan rekan setim diyakini bakal tampil semaksimal mungkin saat bentrok menghadapi Luis Suarez dkk.

Gelandang Brasil, Fred, menyadari timnya berada dalam tantangan berat saat melawan kampiun Piala Dunia dua kali, Uruguay. Dia menilai skuad Brasil harus lebih berkonsentrasi selama 90 menit waktu normal dan harus memanfaatkan peluang dengan baik.

"Kami tahu ini menjadi partai yang sulit. Namun, seperti biasa Brasil tim kuat dan kami sedang berburu kemenangan," kata pemain yang saat ini memperkuat Manchester United (MU) dilansir laman resmi CBF, Kamis (14/10).

Sementara itu, Tite belum mau menentukan siapa pemain yang masuk daftar starting line-up Brasil versus Uruguay. Tetapi, ia mengakui akan ada perubahan dalam skema Selecao pada laga nanti.

"Ini masalah perencanaan sehingga ke depannya pola permainan kami harus lebih bervariasi terlebih untuk Piala Dunia. Di Piala Dunia sebelumnya saya tidak punya waktu untuk memberikan peluang. Siklus tidak memungkinkan," kata Tite menjelaskan.

Lebih lanjut entrenador berusia 60 tahun itu menyatakan, Neymar Jr dan Gabriel Jesus akan memulai pertandingan sejak menit awal. Selain itu, Thiago Silva dan Raphinha diprediksi akan menggantikan peran Eder Militao serta Gabriel Barbosa.

Brasil memiliki rekor bagus saat berhadapan dengan Uruguay. Pemenang lima gelar Piala Dunia tersebut mampu mengungguli Uruguay dengan catatan 11 kemenangan dan empat imbang dalam 19 pertemuan terakhir.

Meski layak diunggulkan, Brasil tetap harus mewaspadai kekuatan pasukan Oscar Tabarez. Apalagi, La Celeste baru saja menelan kekalahan saat melawan Argentina sehingga membuat posisinya belum aman.

"Situasi saat ini jelas bukanlah hal yang kami inginkan. Tapi, kami harus turun dengan keberanian, semangat, dan tekad besar untuk bisa meraih mimpi," kata Oscar Tabarez.

La Celeste jelas membutuhkan semua atribut pun spirit untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Kemenangan atas Brasil di Amazonia merupakan harga mati bagi Diego Godin dan kawan-kawan. Kekalahan tiga gol tanpa balas dari Argentina setidaknya bisa menjadi pecutan bagi Uruguay untuk bisa bangkit demi mengunci posisi aman klasemen zona Conmebol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement