Kamis 28 Oct 2021 17:46 WIB
...

Ini Lima Kandidat Pelatih Barcelona

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, dinilai kandidat yang pas menangani Barcelona.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag.
Foto: EPA-EFE/Olaf Kraak
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN -- Barcelona akhirnya memecat Ronald Koeman dari kursi pelatih usai Barca kalah dari Rayo Vallecano, Rabu (27/10). Koeman tak mampu membawa Blaugrana ke permainan level atas sejak kedatangannya di Camp Nou.

Barcelona kini ada di posisi kesembilan klasemen La Liga Spanyol dengan mengemas 15 poin dari 10 pertandingan. Barca juga terancam tersingkir di babak penyisihan grup Liga Champions. Dilansir dari Mirror, Kamis (28/10), ada lima kandidat pelatih Barcelona.

Baca Juga

1. Erik ten Hag

Pelatih Ajax Amsterdam ini dinilai calon yang pas menangani Barcelona. Gaya permainannya ada pengaruh dari legenda Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff. Ajax dan Barcelona menyukai formasi 4-3-3 dengan fokus pada kelancaran pergerakan. Ten Hag juga memiliki gaya yang berbasis penguasaan bola sebagaimana Barcelona.

Musim ini, Ajax belum pernah kalah dan melesakkan 48 gol serta kebobolan tiga kali. Puncak kejayaan Ten Hag menangani Ajax ketika membawa timnya tembus ke semifinal Liga Champions musim 2018/2019.

Meski kehilangan beberapa pemain bintangnya, yaitu Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, Donny van de Beek, dan Hakim Ziyech, Ten Hag mampu membawa Ajax kembali ke permainan terbaik.

2. Xavi Hernandez

Dia adalah legenda klub yang meraih kesuksesan selama menjadi pemain. Xavi dinilai cocok sebagai pengganti Koeman karena paham tentang nilai-nilai permainan klub.

Xavi adalah pemegang rekor penampilan terbanyak Barca, yaitu 767 pertandingan, sebelum dikalahkan Lionel Messi tahun ini. Xavi kini menjadi pelatih klub Qatar Al Sadd.

Santi Cazorla yang dilatih Xavi menggambarkan metode pelatihannya seperti Barcelona. Xavi baru saja memecahkan rekor di Qatar yaitu membawa timnya tak terkalahkan 34 pertandingan di liga. Ia mempersembahkan tujuh trofi.

Kelemahan dia hanyalah karena proses kepelatihannya tak dilalui di Eropa. Dia salah satu favorit pelatih Barcelona. Namun apakah dia bersedia pulang sekarang ini?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement