Ahad 31 Oct 2021 02:42 WIB

Giuseppe Rossi Bakal Berlatih Bersama Kontestan Serie B

Usai kontraknya bersama Real Salt Lake berakhir, Rossi belum memiliki klub.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Giuseppe Rossi.
Foto: EPA-EFE/SIMONE ARVEDA
Giuseppe Rossi.

REPUBLIKA.CO.ID, FERRARA -- Mantan penyerang timnas Italia, Giuseppe Rossi, memiliki kesempatan untuk kembali berkiprah di pentas sepak bola Eropa, tepatnya di Italia. Penyerang berusia 34 tahun itu akan berlatih bersama salah satu kontestan Serie B, SPAL.

Usai kontraknya bersama Real Salt Lake berakhir pada Januari 2021, Rossi memang belum memiliki klub. Setelah semusim memperkuat Genoa, tepatnya pada musim 2017/2018, Rossi hijrah ke Real Salt Lake pada akhir Februari 2020.

Genoa tercatat menjadi klub Eropa terakhir yang diperkuat eks penyerang Manchester United tersebut, Presiden SPAL, Joe Tacopina, mengungkapkan, Rossi akan mulai berlatih bersama tim utama SPAL pada Ahad (30/10) waktu setempat.

Nantinya, eks penyerang Villarreal itu akan memiliki waktu selama dua pekan untuk membuat manajemen SPAL terkesan terhadap kemampuannya. Apabila dianggap mampu mengangkat performa SPAL, Rossi akan dikontrak oleh klub asal Emilia-Romagna tersebut.

''Giuseppe (Rossi) merasa berada dalam kondisi terbaik dan memiliki motivasi tinggi. Kami sempat bertemu beberapa kali di New York. Saya rasa, dia bisa memainkan peran penting dalam ambisi kami untuk kembali ke Serie A,'' kata Tacopina kepada Tuttomercatoweb, Sabtu (30/10).

Tidak hanya soal harapan untuk bisa meningkatkan kemampuan SPAL, Rossi juga dinilai bisa menjadi salah satu pintu masuk buat SPAL untuk meningkatkan brand klub berjuluk Gli Spallini itu di kawasan Amerika Serikat.

Rossi, menurut Tacopina, merupakan salah satu pesepak bola terbaik yang berasal dari Amerika Serikat. Lahir di New Jersey, Amerika Serikat, Rossi merupakan anak dari imigran asal Italia.

Meski sempat menjalani pemusatan latihan timnas Amerika Serikat dalam persiapan Piala Dunia 2006, Rossi akhirnya lebih memilih untuk memperkuat timnas Italia, yang telah diperkuatnya dari level junior.

''Rossi adalah pesepak bola terbaik yang pernah lahir di Amerika Serikat. Hal ini membuat dia semakin spesial buat pemilik klub yang memiliki darah Italia, seperti kami. Dia juga akan sangat penting dalam rencana SPAL untuk memperkenalkan diri di kawasan Amerika Serikat pada tahun depan,'' kata Tacopina.

Rossi, yang merupakan produk akademi Parma, hijrah dan mulai memperkuat tim junior Manchester United pada 2004. Dari Man United, kiprah Rossi berlanjut ke Villarreal.

Di klub berjuluk The Yellow Submarine itulah, kemampuan Rossi dalam mencetak gol mulai dikenal. Peraih sepatu emas di cabor sepak bola putra Olimpiade 2008 itu mengemas 82 gol dari 192 penampilan di semua ajang selama enam musim memperkuat Villarreal.

Di pentas Serie A, Rossi pernah memperkuat Fiorentina, Parma, dan Genoa. Selama merumput di Serie A, Rossi mencetak 26 gol dari 62 laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement