Senin 01 Nov 2021 20:24 WIB

Benarkah Messi Tak Bisa Move On dari Barcelona?

Saya selalu mengatakan senang bisa kembali ke Barca.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
 Pemain PSG Lionel Messi melempar bola saat pertandingan sepak bola Grup A Liga Champions antara Paris Saint-Germain dan Manchester City di Parc des Princes di Paris,Rabu (29/9) di hari WIB.
Foto:

Bergabung di usia 13 tahun

Lahir dan dibesarkan di Argentina, Messi pindah ke Spanyol untuk bergabung dengan Barca pada usia 13 tahun di akademi La Masia. Kontrak pertama Messi kala itu ditulis dan ditandatangani di atas sebuah serbet.

Messi sukses menandatangani kontrak profesional pertamanya di Barcelona pada 4 Februari 2004,  sembilan bulan sebelum debut resminya di tim utama.

Menukil ESPN, Barcelona kala itu tengah mengalami kekeringan trofi sejak enam tahun terakhir. Akan tetapi, masa-masa indah seolah mendekat dengan hadirnya Messi di Blaugrana.

Rasanya tak berlebih apabila Messi dipredikat sebagai pesepak bola terhebat era kiwari. Ia menjadi mesin gol Barca dengan catatan 672 gol, 268 assist dari 778 penampilan sejak debutnya 2004.

Tak hanya gelar kolektif bersama klub. Messi juga sukses meraih titel individu seperti enam Ballon d'Or, enam Sepatu Emas Eropa, dan satu Golden Ball FIFA pada 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement