Jumat 05 Nov 2021 10:15 WIB

Rio Ferdinand Ikut Debat Soal Bek Kanan Timnas Inggris

Saat ini Inggris punya 2 bek kanan tangguh, Reece James dan Trent Alexander-Arnold.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Reece James, bek Chelsea dan timnas Inggris.
Foto: AP/Justin Tallis/Pool AFP
Reece James, bek Chelsea dan timnas Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Timnas Inggris kini mempunyai dua bek kanan berbakat yang performanya sedang menanjak bersama klub. Dua bek itu adalah pemain Chelsea, Reece James, dan bintang Liverpool Trent Alexander-Arnold.

Keduanya dinilai pantas menjadi menjadi bagian dari pasukan Gareth Southgate. Banyak perdebatan siapa yang pantas dipilih sebagai pemain utama di timnas Inggris untuk posisi bek kanan.

Mantan bek timnas Inggris, Rio Ferdinand, berbagi pandangan tentang perdebatan tersebut. Bagi Ferdinand James harus menjadi pilihan utama Southgate.

“Saya pikir berdasarkan cara melihat kurangnya penggunaan Trent Alexander Arnold, maka Reece James tampaknya berada di posisi terbaik saat ini,” kata Ferdinand dilansir dari Sportskeeda, Jumat (5/11).

Namun Ferdinand mengakui keduanya memiliki standar tinggi yang sama. James dan Alexander Arnold mempunyai kekuatan di kedua kakinya.

Hanya saja Ferdinand melihat Alexander Arnold sedikit lebih di bawah daripada James dalam urusan kemahiran bermain. James memberikan tiga assist untuk Chelsea musim ini dan empat gol di Liga Primer Inggris.

photo
Trent Alexander-Arnold, bek Liverpool dan timnas Inggris. - (Lindsey Parnaby, Pool via AP)

 

Mantan striker Liverpool dan timnas Inggris, Michael Owen berbeda dengan Ferdinand. Ia melihat Alexander Arnold lebih bagus daripada James. Ia setuju James adalah bek yang lebih baik namun Alexander Arnold akan meningkatkan mentalitas menyerang tim jika dimainkan.

"Saya tidak berpikir Trippier atau James berada di atas Trent. Saya bisa mengerti mengapa Gareth Southgate memilih Reece James atau Kyle Walker dalam kasus tertentu. Kami memiliki banyak bek kanan yang bagus,” ujar Owen.

Owen kemudian bicara penampilan mengecewakan Inggris di final Piala Eropa 2020. Pasalnya, ia berpikir Inggris memiliki tim yang sangat bagus di barisan penyerang.

Owen menyarankan agar Southgate lebih berani mengendalikan permainan dengan kekuatan pemain yang dimiliki.

“Tahap selanjutnya dari evolusi kami sebagai sebuah tim adalah memasukkan Trent ke dalam tim, menyerang full-back. Jika kami ingin menguasai banyak bola, saya akan memainkan Trent. Saya penggemar berat Reece James dan saya pikir dia bek yang sedikit lebih baik," jelas Owen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement