Sabtu 06 Nov 2021 18:16 WIB

Adu Gengsi di Derby Manchester

MU akan menjamu Man City pada laga pekan ke-11 Liga Primer Inggris di Old Trafford.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Manchester United vs Manchester City, duel taktik pelatih Ole Gunnar Solskjaer (kiri) dan Pep Guardiola..
Foto:

Rekor buruk

Di sisi lawan, City sedang berusaha bangkit dari kekalahan 0-2 di Stadion Etihad kontra Crystal Palace pekan lalu. Beruntung, beberapa hari setelahnya the Citizens sukses menang 4-1 saat melawan Club Brugge di Liga Champions.

Pelatih City Pep Guardiola tak bisa menutup mata timnya sedang berkutat dengan persoalan konsistensi. Dari enam pertandingan terakhir di Liga Primer, juara bertahan musim lalu itu sudah menelan satu kekalahan dan dua hasil imbang.

Khusus derby Manchester, Kevin de Bruyne dan kawan-kawan juga tak memiliki rekor yang memuaskan. Pasalnya, mereka belum pernah meraih kemenangan sama sekali dari empat pertemuan terakhir melawan MU di Liga Primer Inggris.

Kepastian absennya Ferran Torres dan Aymeric Laporte membuat Guardiola harus memutar otak dalam mencari alternatif baru. Di lini pertahanan, mantan juru taktik Barcelona itu bisa memercayakan lini belakang kepada duet John Stones dan Ruben Dias. 

Tidak hadirnya Ferran Torres semestinya tidak membuat Guardiola khawatir karena masih ada Kevin De Bruyne, Jack Grealish, dan Phil Foden. Gabriel Jesus dan Raheem Sterling juga dikabarkan fit.

Meski memiliki kekuatan yang lebih lengkap dibandingkan MU, Guardiola tidak ingin anak buahnya menganggap MU sebagai lawan yang ringan. Ia sadar lawannya sudah menyulitkan City selama beberapa tahun terakhir.

Terlebih lagi, The Citizens hanya memiliki waktu 48 jam untuk beristirahat sekaligus bersiap-siap setelah pertandingan melawan Club Brugge di Liga Champions. Meski begitu, Guardiola tidak ingin mempermasalahkan jadwal yang padat dan menegaskan timnya siap.

"Jika kami harus bertanding besok, maka kami akan bertanding sesuai jadwal. Kami akan tiba di Old Trafford hari Sabtu pukul 12.30 (waktu Manchester)," ujar Guardiola.

Guardiola juga meminta seluruh pemain mewaspadai gerak-gerik Cristiano Ronaldo. Menurutnya, MU menjadi lebih berbahaya setelah bintang asal Portugal itu kembali memperkuat MU. 

Fakta Angka Derby Manchester

0 - Manchester City sama sekali belum meraih kemenangan kontra Manchester United di Liga Primer Inggris dalam empat laga terakhir.

4 - Ole Gunnar Solskjaer sudah memenangkan empat dari delapan pertemuan melawan Pep Guardiola di semua kompetisi atau persentase 50 persen. Ini persentase tertinggi dari pelatih mana pun yang pernah berhadapan dengan tim Guardiola, minimal 5 pertemuan.

5 - Dari kedua tim, tidak ada satu pun pemain yang sudah mencetak lebih dari lima gol di Liga Primer Inggris musim 2021/22.

7 - Tujuh dari 10 pertandingan derbi Manchester dimenangkan tim tamu.

162 - MU dan City sudah 162 kali bertemu. MU masih jauh unggul dengan 65 kemenangan sementara City hany 49 kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement