Selasa 09 Nov 2021 00:12 WIB

7 Sosok Pelatih yang Berpotensi Gantikan Dean Smith di Villa

Smith dipecat manajemen Aston Villa setelah lima kekalahan beruntun.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Mantan pelatih Aston Villa Dean Smith.
Foto: AP/Frank Augstein
Mantan pelatih Aston Villa Dean Smith.

REPUBLIKA.CO.ID, VILLA --Tiga tahun masa jabatan Dean Smith sebagai manajer Aston Villa berakhir pada Ahad (7/11). Smith dipecat manajemen Villa setelah lima kekalahan beruntun, yang membuat klubnya berada di peringkat 16. Setelah membawa Villa kembali ke Liga Primer Inggris melalui babak play-off pada 2019, Smith memimpin timnya finis di peringkat 11 musim lalu.

Dengan minimnya pembangunan tim selama musim panas lalu, ditambah penjualan Jack Grealish ke Manchester City, Villa pun terseok-seok. Smith memang mendapat tambahan Emi Buendia, Leon Bailey dan Danny Ings, tapi tidak banyak berarti. Satu-satunya prestasi Smith adalah mengalahkan Manchester United.

Baca Juga

Dengan kepergian Smith, sosok penggantinya pun mulai jadi pembicaraan. Berikut pelatih yang berpotensi menggantikan Smith, dikutip dari Birmingham Mail, Senin (8/11):

Frank Lampard

photo
Frank Lampard - (EPA-EFE/ANDY RAIN )

Mantan pelatih Chelsea tersebut kini sedang menganggur setelah dipecat Chelsea. Lampard membawa Chelsea finis di posisi empat pada musim pertamanya. Namun itu tidak cukup membuat pekerjaannya aman pada pertengahan musim keduanya.

Dengan tidak adanya pembelian pemain pada musim 2019/20, pencapaian Lampard mendapatkan banyak pujian. Dengan minimnya pengalaman, Lampard bisa membawa Chelsea lolos ke Liga Champions.

Ronald Koeman

photo
Ronald Koeman. - (AP/Manu Fernandez)

Pengalaman positifnya bersama Everton dan Southampton di Liga Inggris, membuat Koeman lebih dari cukup untuk jadi kandidat yang layak untuk kursi pelatih di Villa Park. Koeman juga pernah menjuarai Liga Belanda bersama Ajax dan PSV Eindhoven.

Sayang, kepemimpinannya di Barcelona tidak berjalan dengan baik. Meski memenangkan Copa del Rey musim lalu, manajemen Barcelona memecat Koeman beberapa pekan lalu, lantaran performa timnya awal musim ini mengecewakan.

Gennaro Gattuso

photo
Gennaro Gattuso. - (EPA-EFE/ELISABETTA BARACCHI)

Mantan pelatih AC Milan itu kini senang menganggur. Gattuso bekerja dengan baik di Italia, setelah membangun kembali Milan menjadi salah satu klub papan atas Serie A. Temperamennya yang tinggi diyakini dibutuhkan pemain Villa untuk bangkit, dan tidak semakin terjun ke zona degradasi.  Gattuso pernah membawa Napoli menjuarai Coppa Italia pada 2020.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement