Kamis 11 Nov 2021 20:09 WIB

PSSI Daerah Harus Lebih Kreatif Membiayai Kompetisi

Optimalisasi dalam pembiayaan ini sangat diperlukan, agar tidak membebani klub.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Calon Ketua PSSI Jawa Barat Ramram Mukhlis Ramdani bersilaturahmi M Iriawan di Jakarta.
Foto: Istimewa
Calon Ketua PSSI Jawa Barat Ramram Mukhlis Ramdani bersilaturahmi M Iriawan di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PSSI daerah diminta lebih kreatif dalam menyelenggarakan kompetisi rutin internal, salah satunya agar mampu menggaet sponsor. Optimalisasi dalam pembiayaan ini sangat diperlukan, agar tidak membebani klub dalam setiap musimnya.

Menurut Calon Ketua PSSI Jawa Barat Ramram Mukhlis Ramdani, dorongan agar PSSI daerah lebih kreatif ini merupakan masukan dari Ketua Umum PSSI M Iriawan saat bertemu dengannya.

"Akhir pekan lalu  (7 November) saya bersilaturahmi ke Pak Iwan (M Iriawan) di Jakarta. Di dalam obrolan itu, salah satunya Pak Iwan meminta agar PSSI daerah khususnya Jawa Barat bisa lebih kreatif dalam pembiayaan kompetisi, salah satunya harus bisa mencari sponsor," ujar Ramram kepada wartawan, Kamis (11/11).

Ramram membenarkan, selama ini, pengelola klub sering dibebankan oleh biaya pendaftaran kompetisi. Padahal, pada sisi lain pengelola harus memutar otak untuk biaya akomodasi dan pemain selama mengikuti kompetisi.

"Kami selaku pengelola klub sangat merasakan betul beratnya membiayai kompetisi," katanya. 

Oleh karena itu, menurut Ramram, hal ini menjadi alasan utamanya untuk maju dalam pemilihan ketua PSSI Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada 27 November mendatang. Jika terpilih, kata pengusaha asal Bandung ini akan mengoptimalkan peran sponsor dalam membiayai setiap kompetisi yang diselenggaralan PSSI Jawa Barat. 

"Insya Allah kalau saya terpilih, saya ingin klub ini tidak dibebani biaya pendaftaran. Saya akan mengupayakan pembiayaan dari sponsor atau pihak lainnya," katanya.

Saat ditanya tentang agenda pertemuan dengan M Iriawan, Ramram mengaku hanya pertemuan biasa. Dia berinisiatif menemui mantan Kapolda Jawa Barat itu hanya untuk bersilaturahmi di samping meminta masukan dan nasehat ketika memimpin PSSI Jawa Barat.

"Layaknya seorang junior ke senior, tentu saya sowan untuk memohon bimbingan, masukan khususnya terkait PSSI," katanya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement