Sabtu 13 Nov 2021 19:30 WIB

Presiden Jokowi: Peparnas XVI Papua Tunjukkan 'Torang Hebat'

Presiden Jokowi bangga atas suksesnya penyelenggaraan Peparnas XVI di Papua.

Presiden Joko Widodo (kanan) menyapa atlet Peparnas dan penonton saat berkunjung di Gor Cendrawasih, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk mengunjungi venue judo dan bulu tangkis sebelum akhirnya menutup Peparnas Papua di Stadion Mandala.
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Presiden Joko Widodo (kanan) menyapa atlet Peparnas dan penonton saat berkunjung di Gor Cendrawasih, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk mengunjungi venue judo dan bulu tangkis sebelum akhirnya menutup Peparnas Papua di Stadion Mandala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan rasa bangga atas suksesnya penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua. Penyelenggaraan Peparnas menunjukkan bahwa semua yang terlibat di dalamnya adalah orang hebat.

"Sekali lagi saya tegaskan bukan hanya 'torang bisa' (kita orang bisa) tapi semua ini menunjukkan 'torang hebat' (kita orang hebat), sekali lagi 'torang hebat'," kata Presiden Joko Widodo di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11).

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam Upacara Penutupan Peparnas XVI Papua. Peparnas tersebut diselenggarakan pada 2-13 November 2021.

"Peparnas ini menyampaikan banyak pesan. Peparnas ini menunjukkan kesulitan bukan halangan, dengan konsistensi dan kerja keras segala kesulitan bisa kita atasi, bahkan berbagai prestasi bisa kita raih," ungkap Presiden.

Apalagi, menurut Presiden Jokowi, provinsi Papua juga sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. "Melalui PON dan Peparnas di Papua ini kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nasional kita. Kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan bangsa dan negara," tambah Presiden.

Presiden Jokowi pun mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua atas semua prestasinya. "Di Peparnas ini Provinsi Papua juara umum, meraih medali terbanyak dan selamat kepada Papua telah sukses sebagai tuan rumah PON dan Peparnas," ungkap Presiden.

Prestasi tersebut menunjukkan para atlet yang luar biasa. "Selamat kepada para atlet utamanya sekali lagi atlet papua yang telah menunjukkan prestasinya kesimpulannya bukan hanya 'Torang Bisa' tetapi 'Torang Hebat'," tegas Presiden.

Upacara penutupan itu diisi oleh sejumlah pertunjukan artis Papua seperti OWL Gank, Anafre Singer, "flashmob" ILDI, Dave Solution. Selanjutnya ada juga kirab para atlet dari berbagai provinsi, pertunjukan tari nusantara pembacaan syair perjuangan oleh atlet, drone light show, penampilan kelompok musik KOTAK serta tidak ketinggalan pertunjukan kembang api.

Dalam Peparnas XVI Papua, ada 2.163 atlet dari 33 provinsi yang bertanding untuk memperebutkan 861 medali dari 12 cabang olahraga. Data panitia penyelenggaraan Peparnas XVI pada Sabtu (13/11) malam, tercatat Papua telah mengumpulkan 114 emas, 72 perak, 75 perunggu, sehingga menempatkan kontingen provinsi tersebut di peringkat teratas perolehan medali.

Sementara kontingen Jawa Barat berada pada urutan kedua dengan 82 emas, 73 perak, dan 63 perunggu atau berselisih 32 emas dari kontingen tuan rumah. Jawa Tengah menduduki urutan ketiga dengan 79 emas, 49 perak, 67 perunggu, disusul Kalimantan Selatan 37 emas, 35 perak, dan 42 perunggu, dan Sumatra Utara dengan 26 emas, 29 perak dan 13 perunggu.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement