Rabu 17 Nov 2021 16:42 WIB
...

Ini Negara yang Lolos dan Harus Play-off ke Piala Dunia 2022

Italia dan Portugal tak masuk daftar 13 negara yang sudah meraih tiket ke Qatar.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Belanda merayakan kemenangan atas Norwegia setelah pertandingan kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022  di Stadion De Kuip di Rotterdam, Belanda, Selasa, 16 November 2021.
Foto:

Sementara di luar Eropa, negara yang menyita perhatian adalah Brasil. Tim Samba berhasil menjadi negara dari Amerika Latin pertama yang berhasil mengamankan satu tempat di Piala Dunia setelah menang 1-0 atas Kolombia pekan lalu.

Tim besutan pelatih bernama Tite itu hanya kehilangan dua poin dari total 12 pertandingan. Alhasil, juara Piala Dunia 2002 itu sukses menjaga jarak sembilan poin dari Argentina yang berada di peringkat kedua. Argentina juga sudah memastikan diri lolos di belakang Brasil.

photo
Pemain Argentina Lionel Messi meninggalkan lapangan pada akhir pertandingan sepak bola vs Brasil di Kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 di Stadion Bicentenario di San Juan, Argentina, Selasa, 16 November 2021. - (AP/Natacha Pisarenko)

Zona Amerika Latin sedang ketat di posisi empat besar. Ada Ekuador, Cile, Colombia, dan Uruguay yang saling bersaing demi menduduki peringkat ketiga dan keempat.

Kemudian di Amerika Utara dan Tengah, ada Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada yang mendominasi klasemen sementara. Ketiga negara itu masih terlalu tangguh untuk negara lain yang kurang impresif seperti Panama dan negara-negara Karibia.

Lalu di Benua Asia, kualifikasi Piala Dunia 2022 baru akan mulai kembali pada Januari 2022 mendatang. Arab Saudi masih kokoh memimpin klasemen Grup B dengan 18 poin. Arab Saudi mampu mengangkangi negara besar lain seperti Jepang dan Australia yang berada di bawahnya. Sedangkan di Grup A, Iran masih terlalu tangguh di atas Korea Selatan.

Benua Afrika pun menyajikan negara-negara yang belakangan menyita perhatian karena perlu menjalani babak play-off. Mesir dengan Mohamed Salah akan bersaing dengan Aljazair, Kamerun, Republik Kongo, Ghana, Mali, Maroko, Nigeria, Senegal, dan Tunisia untuk bersaing demi lima tiket menuju Piala Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement