Kamis 18 Nov 2021 22:34 WIB

Catatan VAR di Liga Inggris: Auba Beruntung, Salah Buntung

Empat gol Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Son Heung-min dianulir VAR.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
 Mohamed Salah dari Liverpool merayakan gol yang kemudian dianulir oleh VAR selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Liverpool FC di London, Inggris, 28 Januari 2021.
Foto:

Gol disahkan berkat VAR

photo
Pierre-Emerick Aubameyang dari Arsenal. - (EPA-EFE/NEIL HALL)

Penggemar Arsenal mungkin membenci VAR, tetapi striker Pierre-Emerick Aubameyang mungkin merasa berbeda. Dia memperoleh empat gol melalui keputusan VAR, satu melalui offside yang salah di Manchester United dan tiga lainnya melalui penalti (diberikan dan diulang karena pelanggaran).

Pemain lain yang diuntungkan adalah Jamie Vardy dari Leicester City dan mereka semua datang dari titik penalti dengan tiga gol langsung dan satu lagi dari pelanggaran. Tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak penalti melalui VAR daripada empat gol Vardy, dengan Aubameyang mencetak tiga gol dari tendangan penalti.

Empat belas pemain telah menerima dua gol setelah keputusan VAR, termasuk Kane, Salah, Son, Alexandre Lacazette dari Arsenal dan Bruno Fernandes dari Man United.

Keterlibatan terbanyak dalam VAR

Son keluar di bagian paling atas daftar dengan keterlibatan dalam 10 keputusan VAR, dua lebih banyak dari pemain lain di Liga Primer Inggris. Mane dan Wilson berada di urutan berikutnya dengan delapan keterlibatan, kemudian Jesus menyusul dengan tujuh keterlibatan.

Pemain Everton Dominic Calvert-Lewin membuat penampilan dengan enam keterlibatan, mendapatkan dua gol, kehilangan dua gol, dan memiliki dua insiden penalti, sama seperti Fernandes dan Salah.

Gol dianulir karena handball

Mane adalah satu-satunya pemain yang memiliki banyak gol yang dianulir karena handball oleh pencetak gol, melawan Manchester United dan Brighton. Namun, ia juga terkena pelanggaran handball sebelum rekan setimnya mencetak gol. Pemain Newcastle Wilson bergabung dengan Mane dengan dua gol.

Memenangkan penalti

photo
Pemain Manchester United Marcus Rashford. - (AP Photo/Frank Augstein)

Hanya empat pemain yang mendapat dua penalti: Lacazette, Werner, ditambah pemain Manchester United Marcus Rashford, dan mantan penyerang Manchester City Sergio Aguero.

Menjadi penyebab penalti

Pemain Leicester City Wilfried Ndidi telah menerima hukuman dua penalti akibat handball yang dilakukannya.  Ia bergabung dengan bek tengah Newcastle, Ciaran Clark dan Jamaal Lascelles memberikan dua penalti karena pelanggaran mereka.

Kartu merah paling banyak dimenangkan

Tidak ada pemain yang diusir lebih dari satu kali, tetapi dua pemain telah menerima beberapa tantangan buruk yang menyebabkan kartu merah setelah pemeriksaan VAR.

Striker Newcastle Wilson telah membuat tiga pemain diusir, yakni Ben Godfrey dari Norwich (saat di Bournemouth), Joachim Andersen dari Fulham dan baru bulan ini, kiper Brighton Robert Sanchez.

Pemain lainnya adalah Ashley Westwood dari Burnley, yang terlibat dalam dua kartu merah VAR untuk lawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement