Senin 22 Nov 2021 04:29 WIB

Conte Akui Superioritas Leeds United pada Babak Pertama

Conte menyatakan kemenangan atas Leeds jadi modal dan acuan utama Spurs.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Tottenham Hotspur Antonio Conte (depan) merayakan kemenangan timnya atas Leeds United.
Foto: EPA/FACUNDO ARRIZABALAGA
Pelatih Tottenham Hotspur Antonio Conte (depan) merayakan kemenangan timnya atas Leeds United.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte, mengakui, anak-anak asuhnya sempat kesulitan untuk mengimbangi permainan Leeds United pada babak pertama laga di pekan ke-12 Liga Primer Inggris, Senin (22/11) dini hari WIB. Namun, the Lilywhites terbukti bisa bangkit pada babak kedua dan menutup laga dengan kemenangan, 2-1.

Dalam laga di Stadion Tottenham Hotspur itu, Spurs sempat tertinggal lebih dulu pada menit ke-44 lewat gol Daniel James. Tim tuan rumah baru bisa menyamakan kedudukan saat laga menginjak menit ke-58 melalui sepakan keras Pierre Hojbjerg.

Baca Juga

Spurs akhirnya berbalik unggul pada menit ke-69. Sergio Reguillon berhasil menyambar bola rebound hasil tendangan bebas Eric Dier di depan kotak penalti the Whites.

Conte mengungkapkan, pada babak pertama, anak-anak asuhnya gagal bersaing dengan Leeds United, terutama dari aspek taktik, intensitas, dan kecepatan aliran bola. Kondisi ini kemudian direspons eks pelatih timnas Italia itu dengan mengubah taktik dan meminta anak-anak asuhnya meningkatkan intensitas.

''Kami benar-benar kesulitan pada babak pertama. Mereka unggul dalam hal taktik, intensitas, dan kecepatan dalam mengalirkan bola. Pada babak kedua, kami sedikit mengubah taktik dan rencana permainan. Kami mengatasi mereka dengan meningkatkan intensitas dan menciptakan begitu banyak peluang. Hasilnya, dua gol pada babak kedua. Kami layak menang di laga ini,'' ujar Conte seusai laga kepada BBC, Senin (22/11).

Penampilan pada babak kedua inilah yang diharapkan Conte menjadi respons anak-anak asuhnya usai tertinggal satu gol pada babak pertama. Kemenangan ini sekaligus menandai kemenangan pertama Spurs di pentas Liga Primer Inggris sejak ditangani pelatih asal Italia itu.

Eks pelatih Juventus itu ditunjuk menggantikan Nuno Espirito Santo di kursi pelatih Spurs pada awal bulan ini. Tidak hanya itu, torehan tiga poin di laga ini juga membawa the Lilywhites ke trek kemenangan setelah menelan dua kekalahan dan satu hasil imbang di tiga laga terakhir Liga Primer Inggris.

Klub asal London Utara itu pun memperbaiki posisi di papan klasemen sementara. Terpuruk di peringkat ke-10 pada pekan ke-11 Liga Primer Inggris, Spurs kini bertengger di peringkat ketujuh dengan hanya kalah jumlah selisih gol dari Wolverhampton Wanderers yang duduk di posisi keenam.

Conte menyatakan, kemenangan ini dapat menjadi modal dan acuan utama Spurs untuk bisa bangkit pada sisa Liga Primer Inggris musim ini.

''Dari segi mentalitas bertanding, saya suka dengan respons para pemain. Terkadang, dalam kondisi seperti ini, kepercayaan diri pemain bisa terus turun. Kami ingin terus berkembang dan mengubah banyak hal di tim ini. Kini, kami telah memiliki kepercayaan diri tersebut dan menampilkan sepak bola menarik,'' jelas pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement