Senin 22 Nov 2021 20:37 WIB

Sulitnya Gantikan Sir Alex Ferguson di MU

Tak ada pelatih yang sukses menangani MU selepas Ferguson, dipecat di tengah jalan

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson (ilustrasi). Sulit mencari pelatih pengganti yang bisa meneruskan kesuksesan MU selepas Ferguson pensiun Terbaru, Ole Gunnar Solskjaer dipecat di tengah jalan saat baru saja menandatangani kontrak tiga tahun.
Foto:

Ole Gunnar Solksjaer (2018-2021)

MU kemudian menunjuk mantan pemainnya Ole Gunnar Solskjaer untuk menjadi pelatih sementara pasca dipecatnya Mourinho hingga akhir musim. Saat itu, MU ada di posisi keenam dan polesannya berdampak positif secara signifikan. MU memenangkan enam pertandingan dan berhasil naik peringkat sebelum kembali turun.

Klub masih posisi mencapi pelatih jangka panjang dengan Mauricio Pochettino sebagai calon favorit. MU akhirnya mempermanenkan Solskjaer pada Maret 2019. Solskjaer tampak baik menjadi pelatih MU pada musim 2019/2020. MU finis di posisi ketiga klasemen. Musim lalu, MU mengakhiri musim di posisi kedua.

Optimisme semakin terasa ketika Cristiano Ronaldo kembali pada lawa musim 2021/2022 dan mencetak dua gol di laga debutnya. Namun harapan itu mulai memudar ketika kalah dari Leicester City, Liverpool, Manchester City dan Watford. Solskjaer pun dipecat.

Pelatih asal Norwegia tersebut memimpin MU sebanyak 168 pertandingan dengan 92 kemenangan, 41 kekalahan dan 35 hasil imbang. Solskjaer membawa MU mencatatkan 1,85 poin per game, mencetak gol 1,92 gol per pertandingan dan kebobolan 1,18 gol per pertandingan. Ia tak pernah mempersembahkan gelar apa pun untuk MU.

photo
Eks pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. - (AP Photo/Dave Thompson, File)

Michael Carrick 2021-Sekarang

Carrick menghabiskan 12 tahun di Old Trafford sebagai pemain. Ia ditunjuk sebagai pelatih sementara tanpa ada pengalaman sebagai pelatih. Ia memperoleh sertifikat kepelatihannya jelang karier bermainnya berakhir. Ditunjuk sebagai pelatih sementara adalah pengalaman pertamanya meski menjadi bagian dari staf pelatih MU sejak 2018.

Carrick tahu tugas berat menantinya meskipun hanya pelatih sementara. Pasalnya, MU berada di luar empat besar dan harus melewati jalan terjal di Liga Champions untuk lolos ke fase gugur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement