Selasa 23 Nov 2021 22:23 WIB

Nominasi Pemain Terbaik FIFA 2021, Siapa Paling Layak?

Robert Lewandowski dan Lionel Messi diunggulkan raih Pemain Pria Terbaik FIFA 2021.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Bayern Muenchen Robert Lewandowski masuk kandidat 11 pemain terbaik FIFA 2021.
Foto: AP/Martin Meissner
Pemain Bayern Muenchen Robert Lewandowski masuk kandidat 11 pemain terbaik FIFA 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIFA telah merilis 11 daftar nominasi Pemain Pria Terbaik FIFA 2021. Nama-nama bintang seperti Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah dan Lionel Messi masih setia mengisi daftar. Sementara pemenang periode sebelumnya, Robert Lewandowski kembali bergabung dalam nominasi tahun ini.

Penghargaan tahun ini akan diumumkan pada 17 Januari 2022. Sama seperti Ballon d'Or, Messi dan Lewandowski paling difavoritkan untuk menerima penghargaan tersebut. Namun, selama belum diumumkan, spekulasi tentang siapa yang akan mendapatkan penghargaan tersebut akan terus hidup.

Baca Juga

Berikut adalah daftar nominasi Pemain Pria Terbaik FIFA tahun 2021:

1. Karim Benzema (Real Madrid)

Benzema yang berusia 33 tahun terbukti masih menjadi mesin gol bagi klub berjuluk Los Galacticos. Di musim 2020/2021, Benzema berhasil mencatatkan 30 gol dan 9 assist untuk Real Madrid di semua kompetisi.

Pada musim 2021/2022 ia telah mencetak 14 gol dan 7 assist bagi Real Madrid. Sementara bersama timnas Prancis, Benzema menorehkan 3 gol dan 1 assist di kualifikasi Piala Dunia dan 4 gol di Piala Eropa.

2. Kevin De Bruyne (Manchester City)

De Bruyne kembali membuktikan diri sebagai jenderal lini tengah Manchester City. Pemain berpaspor Belgia itu berhasil membawa the Citizens menjuarai Liga Primer Inggris plus Piala Liga musim lalu. Man City juga lolos ke final Liga Champions, namun kalah dari Chelsea.

Di ajang internasional, De Bruyne sedikit terganggu dengan cederanya. Namun ia masih bisa menyumbangkan 2 gol dan 2 assist bagi Timnas Belgia di Kualifikasi Piala Dunia, sementara di Piala Eropa ia menyumbangkan 1 gol dan 2 assist.

photo
Kevin De Bruyne (depan) dari Manchester City. - (EPA-EFE/ANDREW YATES)

3. Cristiano Ronaldo (Juventus/Manchester United)

Ronaldo menghabiskan sepanjang musim 2020/2021 bersama Juventus dan mengakhiri musim sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Italia. Di musim ini, Ronaldo secara mengejutkan kembali bergabung dengan Manchester United dan terus membuktikan diri sebagai striker berbahaya.

Bersama Juventus, Ronaldo mencatatkan 36 gol di semua kompetisi musim 2020/2021. Ketika bergabung dengan Setan Merah, Ronaldo tetap menjadi ujung tombak serangan. Sejauh musim ini, tercatat sebanyak 9 gol dan 2 assist bagi Manchester United di semua kompetisi.

Ronaldo juga memberikan kontribusinya bagi timnas Portugal di Piala Eropa dengan 5 gol dan 1 assist. Sementara di kualifikasi Piala Dunia ia menyumbangkan enam gol dalam tujuh pertandingan.

4. Erling Haaland (Borussia Dortmund)

Haaland selalu menjadi ujung tombak Dortmund sejak ia bergabung pada awal tahun 2020. Di musim pertamanya, Haaland menyumbangkan 17 gol dalam separuh musim. Musim berikutnya, Haaland memberikan 41 gol dan 1 assist bagi Dortmund di semua kompetisi.

Pada musim 2021/2022, Haaland telah menyumbangkan 13 gol bagi Dortmund pada semua kompetisi. Haaland juga memberikan kontribusinya untuk timnas Norwegia. Ia telah mencatatkan 5 gol dalam 6 pertandingan kualifikasi Piala Dunia.

5. Jorginho (Chelsea)

Gelandang yang akan berusia 30 tahun pada 20 Desember nanti punya peran bagus sebagai jenderal lini tengah. Setelah sukses membawa Chelsea meraih gelar Liga Champions musim lalu, Jorginho melanjutkannya dengan membawa Italia menjuarai Euro 2020.

Selain itu, ia bahkan sudah lebih dulu mendapat penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa tahun ini, mengalahkan para pesaingnya seperti rekan setimnya di Chelsea, N'Golo Kante dan gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne. Jorginho meraih 175 poin, unggul tipis dari De Bruyne yang meraih 167 poin, yang disusul Kante dengan 160 poin.

photo
Jorginho dari Chelsea. - (EPA-EFE/Neil Hall)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement