Rabu 08 Dec 2021 09:23 WIB

Salah Samai Rekor Gol Ian Rush di Liverpool

Mohamed Salah juga menyamai catatan gol Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Liverpool Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang AC Milan dalam pertandingan Liga Champions dengan bersujud syukur.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Penyerang Liverpool Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang AC Milan dalam pertandingan Liga Champions dengan bersujud syukur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mohamed Salah menyamai rekor Liverpool yang tak tertandingi selama lebih dari tiga dekade setelah mencetak gol dalam kemenangan 2-1 The Reds atas AC Milan pada Rabu (8/12) dini hari WIB. Dengan melakukan itu, Salah menjadi pemain pertama Liverpool yang mencetak lebih dari 20 gol dalam lima musim berturut-turut sejak Ian Rush mencatatkan prestasi tersebut antara 1981 dan 1987.

Pemain Mesir itu telah meningkatkan permainannya sejak tiba di Anfield dari Roma pada tahun 2017. Meskipun gagal bersinar selama membela Chelsea, Salah telah muncul sebagai salah satu finiser paling produktif di Liga Primer Inggris selama memperkuat the Reds.

Baca Juga

Salah juga membuat rekor lainnya yang tak kalah mengesankan. Pemain timnas Mesir itu sekarang mengoleksi tujuh gol dalam enam pertandingan fase grup Liga Champions setelah tembakan pertamanya memanfaatkan bola rebound membuat Liverpool menyamakan kedudukan. Seperti biasa, Salah merayakannya dengan bersujud syukur di atas rumput San Siro.

Gol tersebut juga membuat Salah menjadi pemain kedua yang mencetak gol dalam tujuh pertandingan tandang Liga Champions berturut-turut, setelah Cristiano Ronaldo melakukannya untuk Real Madrid.

Salah kini mencetak lebih banyak gol untuk Liverpool dalam satu musim penyisihan grup Liga Champions daripada pemain mana pun dalam sejarah klub. Sejumlah pujian mengarah kepadanya.

Mantan penyerang timnas Inggris Gary Lineker memuji pemain Mesir itu via Twitter. “Gol lain untuk Mo Salah yang brilian dan sangat konsisten. Sungguh pemain hebat,” kata Lineker.

Mantan pelatih bos Celtic Neil Lennon membandingkan Salah dengan peraih Ballon d'Or 2021 Lionel Messi. “Dia pemain terdekat dengan Lionel Messi yang pernah saya lihat,” kata Lennon.

Mantan bek Chelsea Fikayo Tomori membuat raksasa Serie A itu memimpin secara mengejutkan lewat situasi sepak pojok, sebelum Salah menyamakan kedudukan dengan penyelesaian presisi. Divock Origi kemudian mencetak gol 10 menit setelah babak kedua berjalan untuk memastikan kemenangan Liverpool.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement