Rabu 08 Dec 2021 09:36 WIB

Messi Lampaui Gol Pele, Dekati Catatan Ronaldo

Lionel Messi mencetak dua gol dalam kemenangan PSG 4-1 atas Club Brugge.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Gaya Lionel Messi setelah mencetak gol untuk Paris Saint Germain (PSG) ke gawang Club Brugge di Liga Champions, Rabu (8/12) WIB.
Foto: EPA-EFE/Ian Langsdon
Gaya Lionel Messi setelah mencetak gol untuk Paris Saint Germain (PSG) ke gawang Club Brugge di Liga Champions, Rabu (8/12) WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi telah melampaui catatan gol legenda Brasil Pele setelah mencetak dua gol untuk Paris Saint-Germain (PSG) melawan Club Brugge dalam laga terakhir Grup A Liga Champions di Parc des Princes, Paris Rabu (8/12) dini hari WIB. Superstar Argentina itu mencetak gol ketiga dan keempat untuk tim asuhan Mauricio Pochettino meraih kemenangan 4-1.

Gol pertamanya pada malam itu adalah gol ke-757 dalam karier Messi, angka yang membuatnya menyamai jumlah gol resmi Pele dalam kariernya. Ia kemudian mencetak gol penalti pada babak kedua untuk menambahnya menjadi 758.

Baca Juga

Ini berarti bahwa PSG sekarang maju sebagai pencetak gol tertinggi kedua sepanjang masa, membuntuti Cristiano Ronaldo yang telah mencetak 801 gol sepajang kariernya.

Ronaldo mencetak golnya yang ke-800 dan ke-801 melawan Arsenal pekan lalu. Itu berarti ia telah mencetak 686 gol dalam karier klub ditambah 115 golnya di level internasional membela Portugal.

Pemain berusia 36 tahun itu telah mencetak 450 gol, tertinggi klub untuk Real Madrid, 130 untuk Manchester United, 101 untuk Juventus dan lima untuk Sporting Lisbon.

 

Messi mencetak rekor klub 672 gol untuk Barcelona. 

 

Bintang berusia 34 tahun itu juga telah menambah enam gol dalam 14 penampilannya untuk PSG, di samping 80 golnya untuk Argentina.

Jumlah gol yang dicetak Pele sepanjang masa sampai saat ini masih jadi perselisihan. Sebab, dia dan mantan klubnya Santos menolak untuk mengakui bahwa Ronaldo telah melampaui koleksi golnya pada awal tahun ini.

Sebuah pernyataan dari Santos pada bulan Januari berbunyi mengkritik pendapat dari beberapa analis yang mengabaikan 448 gol yang dicetak dalam pertandingan persahabatan, ketika menghadapi lawan yang lemah, seperti tim kecil atau regional.

"Tetap saja, pertandingan dimainkan dengan seragam resmi, dengan aturan resmi permainan dan dengan lembar skor," tulis pernyataan Santos tersebut.

Pele ikut menandatangani pernyataan ini dan memperbarui biografi Instagram-nya yang mencantumkan rekor gol sepanjang masanya dengan jumlah 1.283, termasuk yang dia cetak untuk Santos, Brasil, dan New York Cosmos di Amerika Serikat.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement