Kamis 09 Dec 2021 08:43 WIB

Zidane Iqbal, Pemain Muslim MU yang Bisa Perkuat Timnas Inggris, Irak, dan Pakistan

Zidane Iqbal yang mengidolakan Mesut Oezil buat debut di MU dalam laga vs Young Boys

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Zidane Iqbal, pemain Muslim Manchester United keturunan Pakistan dan Irak yang membuat debut di Liga Champions..
Foto:

Iqbal bisa bermain sebagai gelandang box to box, dan juga pemain nomor 10.  Ia memenuhi syarat untuk mewakili Inggris, Irak dan Pakistan di internasional tetapi tidak pernah dipanggil ke timnas kelompok usia Inggris.

Iqbal mencetak gol untuk MU melawan Sunderland di Piala Liga Inggris U-21 bulan lalu, dan menindaklanjutinya dengan mencetak gol pembuka United dalam kemenangan 4-2 UEFA Youth League melawan Atalanta.

Iqbal adalah salah satu dari lima pemain Asia Selatan, merujuk pada garis keturunan ayahnya asal Pakistan, yang terikat kontrak profesional penuh waktu di Liga Primer Inggris. Namanya bersanding bersama pemain Leicester City Hamza Choudhury, pemain Aston Villa Arjan Raikhy, pemain Tottenham Dilan Markanday dan bek Wolves Kam Kandola.

Iqbal menjadi pemain sepak bola Inggris Asia Selatan pertama yang bermain untuk tim Inggris di Liga Champions dalam 19 tahun, setelah Michael Chopra yang juga masuk sebagai pengganti untuk Newcastle United dalam laga kontra Bayer Leverkusen pada 2002.

Juru bicara grup suporter resmi Inggris yang terafiliasi dengan orang-orang Asia Selatan, Apna England, mengatakan kepada Sky Sports News, "Ini jelas merupakan momen yang membanggakan bagi semua orang yang terkait dengan Klub Sepak Bola Manchester United, tetapi juga sangat monumental bagi orang-orang Asia Selatan dalam permainan ini. Zidane Iqbal adalah talenta luar biasa, yang komitmen, etos kerja, dan dedikasinya untuk mencapai level tertinggi telah dihargai oleh salah satu klub terbesar di dunia sepakbola." 

Mereka menilai Iqbal menjadi jembatan untuk mendesak berbagai pihak mengatasi ketidaksetaraan yang bertahan di seluruh sepak bola. "Melihat Zidane Iqbal di luar sana membuat sejarah tidak diragukan lagi akan menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Ini adalah hari yang hebat bagi komunitas - dan hari yang hebat untuk sepak bola," kata juru bicara Apna England tersebut.

Penampilan Iqbal di tim senior MU adalah pencapaian terbaru, yang bisa dibilang merupakan tahun terbesar bagi komunitas sepak bola Inggris berdarah Asia Selatan.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Zidane Iqbal (@z10ane)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement