Ahad 12 Dec 2021 22:59 WIB

Liga Inggris: Leicester City Gulung Newcastle United 4-0

Leicester ada di peringkat 8, Newcastle berada di dua terbawah klasemen Liga Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Patson Daka dari Leicester merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leicester City dan Newcastle United di stadion King Power di Leicester, Inggris, Ahad 12 Desember 2021.
Foto: AP/Rui Vieira
Patson Daka dari Leicester merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Leicester City dan Newcastle United di stadion King Power di Leicester, Inggris, Ahad 12 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Leicester City mengamankan kemenangan besar saat menjamu Newcastle United dalam laga pekan ke-16 Liga Primer Inggris. Leicester menaklukkan Newcastle 4-0 di Stadion King Power, Ahad (12/12).

Hasil ini menempatkan the Foxes di peringkat delapan dengan nilai 22. Adapun Newcastle gagal keluar dari zona degradasi. Dengan nilai 10, the Magpies berada di posisi dua terbawah klasemen.

Baca Juga

Jalannya laga

Newcastle mencoba mencuri gol cepat pada awal babak pertama. Namun, The Foxes masih mampu meredam gelombang serangan The Magpies. Kondisi mulai berbalik pada pertengahan babak pertama. The Foxes mulai berhasil mengembangkan permainan.

Tim tuan rumah akhirnya mampu menjadi tim pertama yang membuka keunggulan. Pelanggaran Jamaal Lacalles terhadap Jamie Maddison harus dibayar mahal oleh The Magpies. Wasit memberikan hadiah tendangan penalti buat tim tuan rumah. Youri Tielemans yang dipercaya sebagai ekskutor sukses melakoni tugasnya dengan baik.

Gelandang asal Belgia itu berhasil menaklukan kiper Newcastle, Martin Dubravka, lewat sepakan keras pada menit ke-39. Keunggulan The Foxes lewat gol Tielemans ini akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Situasi pertandingan pada babak kedua tidak terlalu banyak berubah. Newcastle sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola, tapi kesulitan untuk membangun serangan yang benar-benar mengancam gawang tim tuan rumah. Selain kesolidan pertahanan Leicester City, The Magpies juga tidak menunjukan banyak variasi dalam skema serangannya.

Di sisi lain, the Foxes tampil lebih tenang dan tidak mau terburu-buru dalam melancarkan serangan. Alhasil, serangan-serangan tim besutan Brendan Rodgers itu terlihat lebih mematikan dibanding skema serangan yang dibangun The Magpies. 

Sebuah serangan The Foxes pada menit ke-57 berbuah maksimal. Umpan cungkil James Maddison di sisi kanan pertahanan Newcastle bisa disambut Harvey Barnes, yang lolos dari jebakan offside. Barnes kemudian memberikan umpan tarik kepada Patson Daka, yang tinggal mendorong bola ke gawang yang kosong.

Pada menit ke-81, Leicester memperlebar jarak menjadi 3-0. Tielemans mencetak gol keduanya di laga ini setelah memanfaatkan sodoran umpan Maddison. Empat menit berselang, giliran Maddison yang menggenapkan skor kemenangan menjadi 4-0 memanfatkan umpan Daka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement