Selasa 21 Dec 2021 07:55 WIB

Pelatih Persib: Saya tidak Ragu Indonesia Bisa Melaju ke Final AFF

Dari yang saya lihat, Indonesia akan cederung lebih superior dibandingkan Singapura.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (17/3).
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (17/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dua pemain Persib Bandung, Ezra Walian dan Victor Igbonefo tengah membela Indonesia di ajang Piala AFF 2020. Indonesia tengah bersiap menghadapi Singapura babak semifinal di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12).

Dengan melajunya Indonesia ke babak semifinal membuat kedua pemain tersebut akan lebih lama bersama timnas. Namun pelatih Persib, Robert Rene Alberts yakin timnas akan melaju ke babak final.

"Ezra dan Victor masih akan membela Indonesia yang difavoritkan saat melawan Singapura. Dari yang saya lihat, Indonesia akan cederung lebih superior dibandingkan Singapura. Mereka bisa melaju ke final, saya tidak ragu itu," kata Robert, Senin (20/12).

Jika lolos ke babak final, timnas akan tetap berada di Singapura hingga awal tahun mengingat turnamen selesai pada 1 Januari 2022 mendatang. Padahal di saat yang sama, Persib akan menuju Bali untuk mempersiapkan putaran kedua kompetisi Liga 1 2021/2022.

Artinya, Persib masih akan tampil tanpa Ezra dan Victor. Namun Robert tidak mempermasalahkan hal itu mengingat pemainnya harus menjalani karantina sebelum kembali dengan tim.

"Karantina sejauh yang saya tahu berlaku untuk semua orang, tentu dengan final yang berlangsung dua leg pada 28 Desember dan 1 Januari maka pemain baru bisa pulang ke Indonesia keesokan harinya dan tentu harus menjalani karantina selama sepuluh hari," kata Robert.

Namun bukan berarti setelah karantina pemainnya harus langsung bergabung dengan tim. Robert sadar bahwa sudah lebih dari dua bulan keduanya tidak bertemu keluarganya. Karena Ezra dan Victor bergabung dengan timnas ketika tim masih menjalani seri ketiga di Yogyakarta.

"Mereka selama ini tinggal di hotel dan terisolasi sejak kami masih di Yogyakarta hingga akhirnya mereka bergabung dengan timnas menuju Dubai dan tinggal di hotel selama di Singapura," kata Robert.

Untuk itu, Robert akan berdiskusi dengan keduanya untuk melihat kemungkinan kapan waktu yang tepat mereka bergabung dengan tim. Karena dengan turnamen yang melelahkan, tentu Robert harus melihat kondisi pemain timnasnya sebelum bergabung dengan tim.

"Jadi saya akan berdiskusi lebih dulu dengan keduanya bagaimana mental mereka, bagaimana fisik mereka dan apakah memungkinkan mereka langsung ke Bali setelah mengetahui kondisi mereka," kata Robert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement