Rabu 22 Dec 2021 19:29 WIB
...

Tua-Tua Keladi, Deretan 5 Pencetak Hattrick Tertua di Sepak Bola Eropa

Jorge Molina menjadi pemain tertua yang mencetak hattrick sejak 2000.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Jorge Molina (kanan). Molina menjadi pemain tertua yang mencetak hattrick sejak 2000.
Foto: EPA-EFE/JAVIER LIZON
Jorge Molina (kanan). Molina menjadi pemain tertua yang mencetak hattrick sejak 2000.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keyakinan bahwa semakin lama minuman wine atau anggur dipelihara pun disimpan, maka rasanya dipastikan bakal lebih mengesankan. Hal itu juga layak disematkan kepada para pesepak bola berumur di Benua Eropa.

Apabila di kalangan pesepak bola papan atas, ungkapan tersebut jarang digunakan karena produktivitasnya menurun seiring bertambahnya usia. Dengan bertambahnya usia, pesepak bola cenderung kehilangan kecepatan dan lebih mengandalkan atribut mental dan membaca permainan.

Baca Juga

Pemain seperti Zlatan Ibrahimovic, Thiago Silva, dan Cristiano Ronaldo telah menjadi teladan karena terus bersaing di level tertinggi hingga usia tiga puluhan. Mencetak satu atau dua gol sudah cukup sulit di liga-liga elite Eropa, tetapi beberapa pemain emas ini berhasil mencetak gol tiga kali dalam satu pertandingan.

Berikut daftar pencetak hattrick tertua di lima liga top Eropa sejak 2000 dilansir Sportskeeda, Rabu (22/12).

1. Teddy Sheringham (37 Tahun, 4 Bulan, 25 Hari)

Sheringham adalah striker legendaris timnas Inggris dan Liga Primer Inggris. Eks penyerang Manchester United (MU) dan Tottenham Hotspur ini terkenal dengan gol ikonik pun bersejarah setelah membantu MU memenangkan Liga Champions 1999 melawan Bayern Muenchen.

photo
Teddy Sheringham - (AP Photo/Camay Sungu)

Pada usia 37 tahun, empat bulan dan 25 hari, Sheringham mencetak hattrick untuk Portsmouth melawan Bolton Wanderers membuat rekor sebagai pencetak hattrick tertua dalam sejarah Liga Primer Inggris.

Gol tersebut sekaligus menjadikannya pemain tertua kelima yang mencatat hattrick di lima liga top Eropa sejak tahun 2000.

2. Claudio Pizzaro (37 Tahun, 4 Bulan, 29 Hari)

Claudio Pizzaro layaknya penyerang tua elegan yang menggoreskan catatan emas di panggung sepak bola Eropa. Ia pernah memperkuat Werder Bremen, Bayern Muenchen, Chelsea, dan FC Koln dalam karier gemilangnya di Eropa.

Pizzaro mencetak hattrick pertamanya untuk klub pada usia 20 tahun 1999 dan mencetak hattrick terakhirnya pada usia 37 tahun dalam kemenangan 4-1 melawan Bayer Leverkusen.

photo
Claudio Pizarro. - (EPA/David Hecker)

Pizzaro juga memegang rekor pemain tertua yang mencetak gol di kompetisi Bundesliga Jerman setelah ia mencetak gol ke gawang RB Leipzig dalam usia 40 tahun 227 hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement