Rabu 22 Dec 2021 23:10 WIB
...

Ini 5 Gelandang Tengah Paling Bersinar di Liga Primer Inggris Musim Ini

Gelandang tengah terbaik ini dihitung hingga pekan ke-18 Liga Primer Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Jordan Henderson dari Liverpool.
Foto:

4. Rodri (Manchester City)

Direkrut Manchester City dari Atletico Madrid pada 2019, Rodri sebenarnya diplot untuk menggantikan Fernandinho sebagai gelandang bertahan. Namun, gelandang berusia 25 tahun itu terbukti mampu meningkatkan kemampuannya.

photo
Pemain Manchester City Rodri (kanan) berebut bola dengan gelandang Chelsea N'Golo Kante. - (EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga)

Rodri menjadi salah satu pilihan utama pelatih Man City, Pep Guardiola, untuk menjaga keseimbangan permainan. Tidak hanya soal tugas memotong serangan lawan lewat intersep ataupun tekel, Rodri juga menjadi salah satu gelandang dengan catatan paling mentereng dalam urusan mengalirkan bola ke lini depan.

Rata-rata, Rodri melakukan 65,8 membawa bola per 90 menit laga dengan total jarak mencapai 4.103 meter. Per 90 menit laga, Rodri mencatatkan total jarak membawa bola dengan jarak mencapai 268,7 meter. Sementara untuk urusang dribling progresi, Rodri rata-rata mengemas jarak 130,2 meter per 90 menit laga di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

3. Yves Bissouma (Brighton and Hove Albion)

Brighton and Hove Albion sempat tampil mengejutkan pada awal Liga Primer Inggris musim ini. Tim besutan Graham Potter itu sempat menembus empat besar klasemen sementara dengan koleksi empat kemenangan di lima laga awal.

photo
Pemain Brighton Yves Bissouma (kiri) . - (Mike Hewitt, Pool via AP )

 

 

 

Performa impresif The Seagulls ini tidak bisa dilepaskan dari penampilan apik Yves Bissouma di lini tengah. Penampilan pemain kelahiran Pantai Gading itu di atas lapangan mungkin tidak atraktif, namun sangat efisien.

Gaya permainan Bissouma di sistem permainan yang diusung Potter di the Seagulls dianggap perpaduan antara gelandang bertahan dengan gelandang tengah klasik. Tidak hanya diandalkan untuk memotong serangan lawan, Bissouma juga dipercaya melakoni peran berbeda, yaitu sebagai box-to-box midfielder.

Gelandang berusia 25 tahun itu pun menjawab kepercayaan itu dengan apik. Bissouma rata-rata mencatatkan 45,8 membawa bola per 90 menit. Total jarak yang dilahapnya saat mengiring bola mencapai 5.081 meter dan menjadi salah satu yang tertinggi di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Sementara per 90 menit laga, Bissouma melakukan dribling dengan jarak mencapai 279,1 meter.

Catatan jarak ini termasuk saat menggiring bola secara progresif ke lini belakang lawan dengan jarak 133,3 meter per 90 menit laga.

2. Declan Rice (West Ham United)

Rice menjadi salah satu pemain muda yang paling menyita perhatian dalam dua musim terakhir. Performa apiknya bersama the Hammers pada musim lalu membawanya dipercaya memperkuat timnas Inggris di putaran final Euro 2020.

photo
Declan Rice dari West Ham menyundul bola saat pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Manchester City dan West Ham United di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, 28 November 2021. - (AP/Scott Heppell)

Sejumlah klub raksasa Inggris, seperti Chelsea dan Manchester United, dikabarkan tengah berusaha mencari celah untuk bisa memboyongnya dari The Hammers. Minat terasa wajar apabila menilik catatan statistik gelandang berusia 22 tahun tersebut. Meski mengawali karier sebagai gelandang bertahan, Rice terbukti mampu mengembangkan kemampuannya dalam mengalirkan bola dan melakukan dribling progresi.

Total, Rice mencatatkan jarak hingga mencapai 5.798 meter dalam menggiring bola. Per 90 menit laga, Rice mencatatkan 45,4 menggiring bola dengan total jarak mencapai 341,1 meter. Rice rata-rata melakukan dribling yang mengarah ke lini belakang lawan sejauh 176,6 meter per 90 menit laga.

1. Bernardo Silva (Manchester City)

Sebelumnya, Silva merupakan pemain yang kerap beroperasi di sisi lapangan. Namun, di tangan Pep Guardiola, pemain asal Portugal ini mulai dipercaya untuk menempati satu tempat di lini tengah.

photo
Gelandang Manchester City Bernardo Silva (ilustrasi). Silva mencetak dua gol untuk membawa City mengalahkan Watford 3-1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Vicarage Road, Ahad (5/12) dini hari WIB. - (EPA-EFE/TIM KEETON)

Kemampuan teknik dan kecepatan pemain berusia 27 tahun itu menjadi modal terbesar Silva dalam mengalirkan bola ke lini serang. Pemain yang telah mencetak tujuh gol dan dua assist dari 23 penampilan itu pun menjadi pemain dengan catatan dribling progresi tertinggi di pentas Liga Primer Inggris, dengan jarak mencapai 180.1 meter per 90 menit laga.

Rata-rata, Silva mencatatkan 54,5 menggiring bola per 90 menit. Pemain asal Portugal itu melakukan dribling sejauh 319,5 meter per 90 menit laga dengan total mencapai 3.182 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement