Senin 27 Dec 2021 06:14 WIB

Momen-Momen Unik, Dramatis, dan Selalu Dikenang dalam Laga Boxing Day

Manchester United telah terlibat dalam beberapa laga klasik Boxing Day.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.
Foto: Reuters/Phil Noble
Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Boxing Day 1963 mungkin menjadi pekan yang tidak terlupakan dalam sejarah sepak bola Inggris. Para pemain Ipswich Town tidak pernah menyangka akan menelan kekalahan memalukan 1-10 dari Fulham. Di hari yang sama, Burnley secara mengejutkan mengalahkan Manchester United (MU) 6-1.

Sementara West Brom bermain imbang 4-4 dengan Tottenham Hotspur, lalu Blackburn Rovers menang 8-2 di West Ham United. Total, 66 gol dicetak dalam 10 pertandingan di Divisi Utama Inggris saat itu. Bahkan hasil pertandingan Boxing Day 1963 masih kerap diunggah fan Liga Primer Inggris di media sosial.

Baca Juga

Di era modern, 26 Desember tetap menjadi salah satu hari paling penting dalam kalender sepak bola. Dikutip dari BBC, Ahad (26/12), ternyata momen Boxing Day, tradisi sepak bola di Inggris saat Hari Natal, kerap menyuguhkan momen unik dan dramatis dalam perjalanannya.

Sejak Liga Primer dimulai, Manchester United telah terlibat dalam beberapa laga klasik Boxing Day. Tim asuhan Sir Alex Ferguson kala itu butuh waktu untuk memulai pertandingan pada 26 Desember di kompetisi baru. Man United saat itu sempat tertinggal 0-3 dari Sheffield Wednesday di Hillsborough pada 1992. Namun gol penyama kedudukan Eric Cantona menyelamatkan MU dengan hasil imbang 3-3.

Pertandingan Boxing Day lainnya di era Ferguson sama dramatisnya. MU mengalahkan Newcastle 4-3 di Old Trafford pada 2012. Dalam laga tersebut, the Magpies memimpin tiga kali. Gol Javier Hernandez di menit-menit akhir membuat Iblis Merah menang.

Man United terlibat dalam pertandingan lain yang tak terlupakan setahun kemudian. MU tertinggal 0-2 oleh Hull City, sebelum tim asuhan David Moyes meraih tiga poin berkat gol Chris Smalling, Wayne Rooney, dan gol bunuh diri James Chester.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement