Selasa 28 Dec 2021 09:24 WIB

Timnas Indonesia Dominasi Kandidat Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Indonesia diwakili tiga pemain sekaligus dalam daftar kandidat pemain muda terbaik.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola timnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) saat melakukan selebrasi dengan rekannya Witan Sulaeman dalam laga Piala AFF 2020. Arhan, Witan, dan Alfeandra Dewangga menjadi kandidat pemain muda terbaik Piala AFF 2020.
Foto: Antara/Humas PSSI
Pesepak bola timnas Indonesia Pratama Arhan (kanan) saat melakukan selebrasi dengan rekannya Witan Sulaeman dalam laga Piala AFF 2020. Arhan, Witan, dan Alfeandra Dewangga menjadi kandidat pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Penyelenggara Piala AFF 2020 resmi merilis kandidat pemain muda terbaik, Selasa (28/12). Kandidat itu adalah enam pesepak bola di bawah usia 21 tahun yang dianggap tampil impresif selama kompetisi berlangsung hingga semifinal.

Menariknya, Indonesia mendominasi dalam kandidat pemain muda terbaik yang akan terpilih. Sebab, Indonesia diwakili oleh tiga pemain sekaligus dalam daftar ini.

Baca Juga

Pemain Indonesia pertama yang dimaksud adalah Pratama Arhan. Bek berusia 20 tahun ini dianggap menjadi salah satu yang terbaik karena berhasil membantu lini pertahanan sekaligus membangun serangan dari sisi kiri.

Arhan tercatat membukukan belasan sapuan dan intersep. Selain itu, Arhan juga menggoreskan dua gol plus dua assist untuk mengantar skuad Garuda ke partai puncak.

Kemampuan Arhan dalam melakukan lemparan bola ke dalam pun patut diacungi jempol karena dapat mengancam pertahanan lawan. Ia diprediksi akan menjadi salah satu pemain masa depan yang impresif di kawasan Asia Tenggara.

Kemudian, ada Alfeandra Dewangga yang masuk ke dalam daftar kandidat. Bek tengah berusia 20 tahun itu dinilai piawai dalam menjaga pertahanan Indonesia dari gempuran lawan.

Dewangga tercatat menorehkan 25 sapuan, 23 intersep, dan empat blok. Tak hanya itu, ia bahkan membukukan empat umpan kunci dan kerap menjadi eksekutor bola mati.

Pemain ketiga yang masuk ke dalam nominasi adalah Witan Sulaeman. Gerak lincahnya membuat Witan membukukan dua gol plus tiga assist selama kompetisi.

Visi yang mumpuni pun membuat Witan mencatat delapan operan kunci untuk membantu serangan skuad Garuda. Proses gol menakjubkan saat menghadapi Singapura di leg pertama semifinal pun mengorbitkan nama Witan di kompetisi ini.

Sementara tiga pemain lain adalah Paulo Gali dari Timor Leste, Thanawat Suengchitthawon asal Thailand, dan Sieng Chanthea dari Kamboja.

Baca juga : Apa Pun Hasil Final Piala AFF 2020, Menpora Pastikan Kontrak Shin Aman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement