Rabu 29 Dec 2021 03:29 WIB

Jelang Final Piala AFF 2020, Media Thailand Soroti Ketajaman Teerasil Dangda

Teerasil tercatat telah mencetak lima gol ke gawang Indonesia di pentas Piala AFF.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker timnas Thailand, Teerasil Dangda. Teerasil tercatat telah mencetak lima gol ke gawang Indonesia di pentas Piala AFF.
Foto: AP Photo
Striker timnas Thailand, Teerasil Dangda. Teerasil tercatat telah mencetak lima gol ke gawang Indonesia di pentas Piala AFF.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Penyerang Thailand, Teerasil Dangda, menjadi salah satu pemain yang dianggap paling berbahaya buat gawang timnas Indonesia di partai final Piala AFF 2020. Striker berusia 33 tahun itu pun terbukti belum kehilangan sentuhannya di depan kotak penalti dengan keberhasilannya di duduk di daftar top skorer sementara Piala AFF 2020.

Dangda sukses mencetak empat gol dari lima penampilan di sepanjang Piala AFF 2020. Dengan torehan empat gol, Teerasil berbagi tempat dengan pemain Filipina, Bienviedo Maranon, dan penyerang Singapura, Safawi Rasid, di daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF 2020.

Baca Juga

Tidak hanya itu, torehan empat gol itu juga mengantarkan Teerasil menggeser stiker legendaris Singapura, Noh Alam Shah, sebagai pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Piala AFF. Total, penyerang yang pernah melakoni trial bersama Manchester City itu telah mengemas 19 gol, unggul dua gol atas Alam Shah.

Selain itu, Teerasil juga menjadi pemain tersubur di sepanjang sejarah partisipasi Thailand di pentas Piala AFF. Teerasil melampui rekor striker andalan Thailand di era 1990-an, Worawoot Srimaka, yang mencetak total 15 gol.

Pengalaman dan ketajaman Teerasil terbukti masih menjadi andalan pelatih Alexander Polking di Piala AFF 2020. Teerasil tercatat hanya satu kali absen di enam laga dalam langkah Thailand ke babak final. Penyerang yang sempat memperkuat Almeria itu diistirahatkan Polking saat Thailand menghadapi Singapura di laga pamungkas penyisihan Grup A.

Menghadapi Indonesia, Teerasil memiliki rekor menawan. Media olahraga asal Thailand, Siam Sport, bahkan menurunkan sebuah laporan khusus tentang rekor Teerasil tiap kali menghadapi tim Garuda.

''Teerasil Dangda memiliki kesempatan besar untuk menjadi pemain yang paling sering mencetak gol ke gawang Indonesia di pentas Piala AFF,'' tulis laporan Siam Sports, Selasa (28/12).

Teerasil kembali memiliki peluang untuk melewati rekor milik Srimaka. Hingga kini, Srimaka masih tercatat sebagai pemain Thailand yang paling sering merobek gol timnas Indonesia di Piala AFF dengan koleksi enam gol, termasuk hattrick ke gawang Indonesia di partai final Piala AFF 2000. Saat itu, Thailand sukses mengondol trofi Piala AFF usai membungkam Indonesia, 4-1.

Teerasil tercatat telah mencetak lima gol ke gawang Indonesia di pentas Piala AFF. Selain gol kemenangan Thailand di babak semifinal Piala AFF 2008, Teerasil mencetak hattrick ke gawang Indonesia di laga pertama penyisihan Grup A Piala AFF 2016.

Baca juga : Final Piala AFF 2020, Pelatih Thailand Sesumbar Sudah Kantongi Cara Kalahkan Indonesia

Di edisi yang sama, Teerasil juga mencetak satu gol di partai final, tepatnya di leg pertama. Thailand akhirnya bisa membungkam Indonesia dengan skor agregat, 3-2, dan merengkuh titel Piala AFF 2016.

Titel juara Piala AFF 2016 itu sekaligus menjadi gelar juara Piala AFF pertama yang dipersembahkan Teerasil kepada Thailand. Apabila Indonesia gagal meredam ketajaman Teerasil, bukan tidak mungkin, penyerang yang kini memperkuat BG Pathum United itu akan menambah koleksinya dengan raihan juara Piala AFF 2020.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement