Rabu 29 Dec 2021 10:02 WIB
...

Sorotan Shin pada Indonesia Jelang Final Piala AFF: Mental, Bola Bundar, dan Nasi Kotak

Shin meminta para penggawa Indonesia tak boleh merasa kerdil di hadapan Thailand.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Indonesia akan menghadapi Thailand di final Piala AFF 2020, Rabu (29/12).
Foto:

Meski demikian, Indonesia sempat mengemas tiga kemenangan kontra Thailand. Ini menjadi salah satu isyarat bahwa Indonesia memiliki kesempatan untuk merebut kemenangan.

Pertama kali Indonesia merebut kemenangan atas Thailand, yakni di perebutan tempat ketiga Piala AFF 1998 setelah unggul di babak adu penalti dengan skor 5-4. Kemenangan berikutnya dikemas skuad Merah-Putih di pertandingan Grup A Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Indonesia menang 2-1.

Kemenangan terakhir yang direngkuh Indonesia atas Thailand adalah Piala AFF 2016. Timnas Indonesia berhasil menang 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor.

"Secara keseluruhan, tim dan pemain Thailand sangat baik. Jadi, tidak terlihat pemain mana yang mencolok karena semuanya berkualitas. Tapi, bola itu bundar dan kami akan memberikan permainan terbaik di lapangan," kata Shin menegaskan.

photo
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae yong. - (Dok AFF Suzuki Cup)

Di satu sisi, pelatih usia 51 tahun itu khawatir dengan aspek nutrisi yang didapatkan anak asuhnya. Sebab dengan sistem bubble yang diterapkan penyelenggara turnamen, para pemain Indonesia hanya mendapat makanan dalam bentuk nasi kotak.

"Memang ini jadi bagian yang sulit bagi kami untuk pemulihan fisik. Harusnya kami menyantap makanan bergizi agar cepat pulih, tapi karena kami makan nasi kotak jadi agak sedikit nutrisi untuk pemain. Saya mengkhawatirkan itu," ujar Shin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement