Selasa 11 Jan 2022 19:29 WIB
...

5 Pencetak Gol Terbanyak Lewat Sundulan Musim Ini, tak Ada Messi dan Ronaldo

Gol sundulan sederhana dalam teori namun sulit mempraktikkannya di lapangan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pemain depan Manchester United Cristiano Ronaldo (kiri) memenangkan sundulan pada pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Manchester, Inggris, belum lama ini.
Foto: EPA-EFE/Peter Powel
Pemain depan Manchester United Cristiano Ronaldo (kiri) memenangkan sundulan pada pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Manchester, Inggris, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencetak gol melalui sundulan adalah salah satu teknik dan seni di dalam sepak bola. Tak sembarang pemain bisa melakukannya secara sempurna.

Gol Cristiano Ronaldo saat membela Juventus ke gawang Sampdoria pada 2019 dan aksi striker Belanda Robin van Persie melawan Spanyol pada 2014 adalah contoh pemain yang memiliki teknik sundulan mempuni. Sederhana dalam teori namun sulit untuk mempraktikkannya di lapangan. Bola mati adalah momen yang seringkali menghasilkan gol lewat sundulan.

Baca Juga

Musim ini ada lima pemain yang mencetak gol terbanyak melalui sundulan di liga top Eropa dikutip dari Sportskeeda, Selasa (11/1/2022). Namun tak ada nama Ronaldo dan Lionel Messi yang selama lebih dari satu dekade ini disebut sebagai pesepak bola terbaik dunia.

- Anthony Modeste (9 gol)

Pemain FC Koln ini menempati posisi teratas dalam daftar pencetak gol lewat sundulan musim ini. Ia menjadi bagian penting klubnya musim ini. Berkat kontribusinya, Koln kembali bersemangat dan penggemar berharap timnya tampil di kompetisi Eropa.

Modeste telah mencetak 12 gol di Bundesliga Jerman dalam 18 penampilannya musim ini. Sembilan dari 12 gol tersebut ia cetak lewat sundulan. Sebuah catatan yang cukup signifikan. Ia mencetak gol sundulan terakhirnya saat menang 2-1 atas Hertha Berlin akhir pekan kemarin.

Koln telah melampaui ekspektasi musim ini. Sekarang duduk di posisi keenam klasemen Bundesliga. Jika Koln mempertahankan ritme bagus tersebut, maka peluang tampil di Eropa musim depan terbuka lebar. Dalam dua musim terakhir, Koln finis di posisi ke-14 dan ke-16.

- Ludovic Ajorque (5 gol)

Ajorque dari Strasbourg mengakhiri musim lalu dengan catatan 16 gol dari 35 penampilannya di liga. Musim ini, ia sedang on fire dan berada di jalur pencetak gol terbanyak Ligue 1 Prancis dengan 10 gol dan enam assist. Dia berada di urutan kedua daftar pencetak gol terbanyak musim ini di bawah pemain Lille Jonathan David.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement