Jumat 28 Jan 2022 00:15 WIB
...

Italia, Portugal, Uruguay, dan Australia Rawan tak Dapat Tiket Terakhir Piala Dunia 2022

Tersisa 19 tiket yang akan diperebutkan oleh sejumlah tim dari enam konfederasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Trofi Piala Dunia yang akan kembali diperebutkan di Piala Dunia 2022 Qatar.
Foto:

- Zona CAF (Afrika)

Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CAF telah menginjak putaran terakhir atau putaran ketiga. Sepuluh tim memperebutkan lima tiket untuk wakil Afrika di Piala Dunia 2022 lewat laga berformat laga kandang-tandang.

Putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika ini pun dijejali partai-partai besar, seperti Mesir kontra Senegal, Kamerun kontra Aljazair, hingga Ghana kontra Nigeria.

Rencananya, putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika akan mulai digelar pada akhir Maret mendatang atau berselang satu bulan usai gelaran Piala Afrika 2021.

- Zona AFC (Asia)

Di empat edisi terakhir Piala Dunia, Australia selalu berhasil tampil di putaran final. Namun, di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC, Australia berada dalam posisi yang sulit.

The Socceroos masih terpuruk di peringkat ketiga klasemen sementara Grup B putaran ketiga kualifikasi zona Asia. Australia lima poin di bawah peringkat teratas, yang ditempati Arab Saudi. Hanya dua tim teratas yang finis di klasemen akhir Grup A dan Grup B yang berhak langsung melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 sebagai wakil Asia.

Peringkat ketiga dari masing-masing grup akan berhadapan di putaran ketiga sebelum akhirnya menghadapi wakil dari Zona CONMEBOL di babak play-off interkonfederasi.

Pada jeda internasional kali ini, Australia memiliki kesempatan untuk memangkas jarak poin dengan Arab Saudi. Australia dijadwalkan menghadapi Vietnam dan Oman pada periode jeda internasional pada akhir bulan ini.

- Zona OFC (Oceania)

Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Oceania baru akan digelar pada akhir Maret mendatang. Diawali dengan laga kualifikasi antara dua peringkat terendah di kawasan tersebut, babak kualifikasi zona Oceania akan diikuti oleh delapan tim, yang rata-rata berasal dari negara-negara kepulauan di Samudera Pasifik.

Pemenang dari babak kualifikasi di zona Oceania akan menghadapi peringkat keempat di putaran pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF. Selandia Baru menjadi negara terakhir yang mewakili zona Oceania di putaran final Piala Dunia, tepatnya pada Piala Dunia 2010.

Di gelaran Piala Dunia 2018, Selandia Baru menyerah di tangan Peru di laga playoff antarkonfederasi.

- Zona UEFA (Eropa)

Zona UEFA telah menyelesaikan putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Sepuluh tim dari Eropa sudah dipastikan bakal tampil di putaran final Piala Dunia 2022.

Namun, dari deretan 10 tim tersebut, tidak ada juara di dua edisi terakhir Piala Eropa, Portugal dan Italia. Dua tim raksasa asal Eropa itu masih harus melakoni babak play-off untuk bisa tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Bahkan, keduanya harus saling sikut apabila berhasil melaju ke babak final play-off.

Di babak semifinal play-off zona Eropa, Italia akan menghadapi Makedonia Utara, sedangkan Portugal ditantang Turki. Selain itu, ada pula laga semifinal lain, yang mempertemukan Skotlandia kontra Ukraina, Rusia kontra Polandia, dan Swedia menghadapi Ceska. Sebanyak 12 tim yang tersisa di babak play-off akan memperebutkan tiga tiket terakhir ke Qatar 2022 dari zona UEFA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement