Senin 31 Jan 2022 09:14 WIB

Salah Tampil Jadi Aktor Utama Suksesnya Mesir ke Semifinal Piala Afrika

Salah sumbang satu gol dan satu assist kala The Pharaohs membungkam The Atlas Lions

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gita Amanda
Kapten Mesir Mohamed Salah tampil sebagai aktor utama keberhasilan Mesir menyingkirkan Maroko di babak perempat final Piala Afrika 2021, (ilustrasi)
Foto: AP/Themba Hadebe
Kapten Mesir Mohamed Salah tampil sebagai aktor utama keberhasilan Mesir menyingkirkan Maroko di babak perempat final Piala Afrika 2021, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YAOUNDE -- Mohamed Salah tampil sebagai aktor utama keberhasilan Mesir menyingkirkan Maroko di babak perempat final Piala Afrika 2021, Senin (31/1/2022) dini hari WIB. Penyerang Liverpool itu menyumbangkan satu gol dan satu assist kala The Pharaohs membungkam The Atlas Lions, 2-1, dalam laga yang digelar di Stadion Ahmadou Ahidjo, Yaounde, tersebut.

Maroko sebenarnya mampu mengawali laga Derby Afrika Utara itu dengan cukup baik. Laga baru berjalan enam menit menit, tim besutan Vahid Halilhodvic itu sudah mampu unggul terlebih dahulu. Pelanggaran terhadap Achraf Hakimi berujung hadiah penalti buat Maroko.

Baca Juga

Sofiane Boufal yang dipercaya menjadi algojo tendangan penalti tersebut melakoni tugasnya dengan baik. Boufal mampu menaklukan kiper Mesir, Mohamed Abou Gabal, lewat tendangan keras ke arah sisi kanan atas gawang The Pharaohs.

Gol cepat Maroko ini coba langsung dibalas oleh Mesir. Namun, berbagai peluang yang didapatkan Mesir, termasuk sepakan Trezeguet, masih mampu diredam oleh barisan lini belakang Maroko.

The Pharaohs akhirnya benar-benar mampu menyamakan kedudukan, tepatnya pada menit ke-53. Adalah Mohamed Salah, yang mencatatkan namanya di papan skor. Salah memanfaatkan bola rebound hasil halauan kiper Maroko, Yassine Bounou, terhadap tandukan Mohamed Abdelmonem usai memanfaatkan sepak pojok. Ini menjadi gol ketiga Salah, termasuk via tendangan penalti, di sepanjang kiprah Mesir di pentas Piala Afrika 2021.

Ditempatkan sebagai winger kanan, Salah memang terlihat begitu merepotkan lini belakang Maroko. Serangan-serangan Mesir, yang dibangung eks winger Chelsea dan AS Roma itu, dari sisi kiri pertahanan kerap mengancam gawang Maroko.

Puncaknya adalah saat Mesir mampu berbalik unggul, tepatnya pada awal babak pertama masa tambahan waktu. Pemain berusia 29 tahun itu merangsek ke sisi kiri pertahanan Maroko.

Setelah mampu melewati adangan dua pemain bertahan dengan kecepatannya, Salah melepaskan umpan tarik ke depan mulut gawang Maroko. Bola sodoran umpan Salah itu pun dengan mudah disambar oleh Trezeguet, yang masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-46.

Gol pada menit ke-100 itu sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini dan memastikan kemenangan Mesir atas rivalnya di kawasan Afrika Utara tersebut. The Pharaohs pun melanjutkan kiprahnya di Piala Afrika 2021 dengan keberhasilan melaju ke babak semifinal. Ini menjadi prestasi terbaik The Pharaohs di pentas Piala Afrika setelah terakhir kali berhasil merengkuh titel juara pada 2010 silam.

Di babak semifinal Piala Afrika 2021, Mesir akan menghadapi tuan rumah, Kamerun, yang sukses melewati adangan Gambia, 2-0, di laga babak perempat final, Ahad (30/1/2022) dini hari Wib. Rencananya, Mesir akan saling sikut dengan Kamerun di laga kedua babak semifinal, yang digelar di Stadion Olembe, Yaounde, Jumat (4/1/2022) dini hari Wib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement