Kamis 03 Feb 2022 20:02 WIB

Smith: Waktu Muda CR7 Ditendang Sepanjang Waktu, Kini Dia Harus Bantu Sancho Bangkit

Sancho melempem setelah sangat bersinar di Dortmund.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Manchester United Jadon Sancho. Pemain muda MU ini belum menemukan sentuhannya di MU.
Foto: AP/Dave Thompson
Pemain Manchester United Jadon Sancho. Pemain muda MU ini belum menemukan sentuhannya di MU.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bintang Manchester United Cristiano Ronaldo diminta untuk turun tangan membantu pemain sayap yang sedang berjuang, Jadon Sancho. Pemain berusia 21 tahun itu merasa sulit beradaptasi dengan kehidupan di Liga Primer Inggris setelah kesuksesannya di Borussia Dortmund. 

Dalam tiga musim terakhir di Bundesliga, Sancho menghasilkan 78 kontribusi gol yang luar biasa hanya dalam 92 pertandingan. Sehingga banyak yang bertanya-tanya kenapa Manchester City mau melepaskan pemain muda tersebut ke Dortmund pada 2017. 

Baca Juga

Rival sekota, Manchester United akhirnya menyelesaikan kesepakatan yang ditunggu-tunggu, dengan biaya transfer senilai 73 juta poundsterling di musim panas tahun lalu. Kehadiran Sancho pun sangat diharapkan untuk merevolusi serangan klub selama beberapa tahun mendatang. 

Namun sejauh ini Sancho belum dapat memenuhi ekspektasi tersebut. Perkembangan Sancho di Old Trafford masih cenderung lambat dengan hanya satu gol dan tidak ada assist dalam 17 pertandingan Liga Primer Inggris musim ini. 

Akibatnya, pemain Inggris itu tidak disukai oleh pelatih sementara, Ralf Rangnick yang justru memberikan kesempatan kepada sesama pemain muda Anthony Elanga untuk bersinar. Di sisi lain, mantan pemain Setan Merah Alan Smith percaya bahwa Ronaldo dapat memberikan jalan bagi Sancho untuk sukses di Old Trafford.  

"Saya pikir kesulitan pergi ke Man Utd adalah orang-orang merasa mereka harus menunjukkan betapa bagusnya mereka, tetapi saya pikir itu sebenarnya sebaliknya," kata Smith dikutip dari Express, Kamis (3/2/2022). 

Smith menegaskan ketika menjadi bagian dari Setan Merah maka pemain perlu menunjukkan komitmen dan rasa lapar untuk berkembang. Menurutnya, Sancho telah menunjukkan hal itu, hanya saja masih belum konsisten, yang itu wajar terjadi pada pemain muda. 

Selain itu, kata Smith, Sancho juga akan membutuhkan dukungan dari pemain berpengalaman untuk membantunya, dan menurutnya Sancho memiliki pemain tertentu di sekelilingnya di klub yang perlu dia perhatikan untuk terus berkembang. Ia yakin itulah yang sedang Sancho coba lakukan. 

"Ketika Cristiano pertama kali datang, dia butuh waktu untuk terbiasa dengan liga, kecepatannya, fisiknya, ditendang sepanjang waktu, kurva pembelajaran semacam itu. Anda harus selalu mencoba dan belajar dari pemain berpengalaman, karena ada alasan mengapa mereka sudah ada begitu lama, dan mereka akan mengharapkan dan menuntut orang lain," katanya. 

Ronaldo harus membantu Sancho untuk menemukan kembali performanya di Bundesliga dan ia bisa menjadi prioritas utama bagi Rangnick karena opsi menyerang United semakin berkurang.  Anthony Martial pindah ke Sevilla, sementara Mason Greenwood dibekukan sementara karena dugaan kekerasan. 

"Dia telah diberi kesempatan bermain sekarang, dan saya pikir konsistensi akan datang sekarang, dia merasa sedikit lebih tenang," kata Smith.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement