Selasa 08 Feb 2022 19:04 WIB

Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Menembak Internasional ISSF GP Air Rifle/Pistol

Sebanyak 138 peserta dari enam negara akan ambil bagian dalam event tahunan ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
(Kiri-kanan) Sekjen PB Perbakin Henry Oka, Ketua Umum Perbakin Joni Supriyanto, dan Wakil Ketua Pelaksana Candy Sianturi dalam konferensi pers Grand Prix Air Rifle dan Air Pistol 2022 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, Selasa (8/2/2022).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
(Kiri-kanan) Sekjen PB Perbakin Henry Oka, Ketua Umum Perbakin Joni Supriyanto, dan Wakil Ketua Pelaksana Candy Sianturi dalam konferensi pers Grand Prix Air Rifle dan Air Pistol 2022 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, Selasa (8/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan yang masuk dalam kalender internasional olahraga menembak untuk pertama kalinya oleh International Shooting Sport Federation (ISSF). Kejuaraan bertajuk ISSF Grand Prix Air Rifle dan Air Pistol itu digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, mulai 8-18 Februari 2022.

Sebanyak 138 peserta dari enam negara akan ambil bagian dalam event tahunan ini, yakni Singapura, Bangladesh, Rumania, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Indonesia sebagai tuan rumah menurunkan 48 atlet pada ajang ini.

Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) sebagai penyelenggara memiliki target maksimal bagi Indonesia. Ketua Umum PB Perbakin, Joni Supriyanto, percaya diri menargetkan gelar juara umum dalam hajatan ini.

"Kami mendapat kehormatan bisa menggelar grand prix ini setelah dua edisi sebelumnya di Kroasia dan Slovenia," kata Joni dalam konferensi pers di Lapangan Tembak, Senayan, Selasa (8/2/2022). "Tentu event ini kami sebagai tuan rumah maunya juara umum."

Selain itu, Joni mengungkapkan kejuaraan ini juga menjadi bagian dalam persiapan menuju SEA Games 2022 di Vietnam, Mei mendatang. "Ini juga digunakan oleh beberapa negara, ada Thailand, Singapura, dan Malaysia sebagai uji coba atletnya menghadapi SEA Games. Sama dengan kami (Indonesia), kami manfaatkan event ini untuk SEA Games," jelas dia.

Joni optimistis pembinaan tanpa putus yang dilakukan oleh Perbakin sepanjang tahun bisa membawa Indonesia keluar sebagai juara umum pada Grand Prix Air Rifle dan Air Pistol 2022 ini. Ia juga yakin Indonesia bisa juara di SEA Games Vietnam setelah ajang pra-event ini.

"Untuk SEA Games, target tetap yakni menjadi juara umum," tegas Joni.

Joni menambahkan, untuk Grand Prix kali ini Perbakin memakai teknologi terkini dari Jerman berkaitan dengan penghitungan poin yang lebih cepat dan akurat. "Jadi untuk teknologi di menembak itu sekarang harus sama. Yakni penggunaan teknologi dari Jerman dan kami pakai di event kali ini."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement