Rabu 09 Feb 2022 20:26 WIB

Perbasi Ubah Tempat dan Jadwal TC Timnas Basket Putra Jelang FIBA World Cup Qualifiers

TC timnas basket putra digelar di Jakarta mulai 9 Februari.

Timnas basket putra Indonesia (ilustrasi). Timnas basket putra Indonesia akan menghadapi Arab Saudi dan Yordania pada laga kualifikasi FIBA World Cup 2023 window 2.
Foto: Dok FIBA Asia Cup
Timnas basket putra Indonesia (ilustrasi). Timnas basket putra Indonesia akan menghadapi Arab Saudi dan Yordania pada laga kualifikasi FIBA World Cup 2023 window 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional mengubah jadwal training camp (TC) timnas basket putra Indonesia. Rencana awal, tim yang dipersiapkan berlaga di FIBA World Cup Qualifiers Windows 2 akan menggelar TC di Yogyakarta usai Seri III IBL Tokopedia 2022 yang dijadwalkan pada 10-16 Februari 2022.

Menyusul perkembangan terkini kompetisi IBL yang ditunda sementara karena Covid-19, pelaksanaan TC dimajukan. Tempatnya juga diubah menjadi Jakarta.

Baca Juga

"Per 9 Februari, semua pemain yang dipanggil TC akan mulai masuk hotel untuk diinapkan di sana sampai keberangkatan tim tanggal 20 Februari ke Arab Saudi. Berangkat ke Arab Saudi rencananya tanggal 20 Februari malam," kata Sekretaris BTN Cyrus Harsaningtyas dalam keterangan resmi PP Perbasi, Rabu (9/2/2022).

Indonesia tergabung di Grup C Zona Asia. Pada Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Jendela 2 ini, perjuangan timnas basket putra diawali dengan menantang tuan rumah Arab Saudi. Pertandingan akan dilakukan di Jeddah pada 24 Februari. Setelah itu melawan Yordania di Amman, tiga hari kemudian.  

Pelatih Rajko Toroman memangil 21 pemain, tiga di antaranya tengah berada di luar negeri, yakni Lester Prosper, Brandon Jawato, dan Agassi Goentara. Ketiganya sudah tiba di Jakarta dan akan dipastikan membela timnas pada Window 2 ini. 

"Total ada 21 pemain untuk TC kali ini tapi yang berangkat ke Arab nanti 12 pemain. Kami sengaja memanggil nama sebanyak ini untuk jaga-jaga misal di perjalanan ada yang positif atau cedera. Harapan dari BTN untuk dua pertandingan ini adalah meraih hasil yang maksimal dan harus lebih baik dari hasil yang didapatkan di window 1," ujar Cyrus yang juga Bendahara Umum PP Perbasi.

Pada window pertama lalu, Andakara Prastawa dkk menelan dua kali kekalahan. Keduanya diterima dari Lebanon pada November tahun lalu. Dua pertandingan yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Nouhad Nawfal, Zouk Mikael, itu berakhir 38-96 dan 64-110. 

Selama mempersiapkan diri di Jakarta, timnas basket putra menerapkan protokol kesehatan sangat ketat. Selama tinggal di hotel, para pemain dan ofisial tim tidak bisa berinteraksi secara fisik dengan penghuni hotel lainnya. Demikian juga selama latihan. 

"Jadi kita punya dua dedicated floor agar tidak bercampur dengan tamu lainnya di hotel. Kita juga akan diberikan dedicated elevator dan tempat pemain dan ofisial makan pun akan diatur sedemikian rupa di lantai yang khusus untuk para pemain dan ofisial timnas. Sementara untuk tempat latihan akan tetap dilakukan di GBK Arena dengan menggunakan dedicated bus untuk transportasinya," jelas Cyrus.

Daftar 21 Pemain TC untuk FIBA World Cup 2023 Qualifiers Window 2: 

1. Lester Prosper

2. Kelvin Sanjaya 

3. Kevin Yonas

4. Juan Laurent 

5. Brandon Jawato

6. Agassi Goantara

7. Andhakara Prastawa

8. David Nuban 

9. Aldy Izzatur Rahman 

10. Neo Pande

11. Widyantara Putra Teja

12. Arki Wisnu

13. Ali Bagir

14. Abraham Damar

15. Vincent Kosasih

16. Muhammad Arighi

17. Yudha Saputra

18. Sandy Ibrahim

19. Indra Muhammad 

20. Ikram Fadhil

21. Hardianus Lakudu

 

Jadwal Window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023

24 Februari 2022

Arab Saudi vs Indonesia

27 Februari 2022

Jordania vs Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement