Kamis 10 Feb 2022 01:29 WIB

Tekuk Al Hilal 1-0, Chelsea Melaju ke Final Piala Dunia Antarklub

Chelsea akan menjajal klub Brasil Palmeiras di laga final Piala Dunia Antarklub.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Chelsea merayakan kemenangan atas Al Hilal pada semifinal Piala Dunia Antarklub, di Stadion Mohammed Bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (9/2/2022) malam WIB.
Foto: EPA/ALI HAIDER
Para pemain Chelsea merayakan kemenangan atas Al Hilal pada semifinal Piala Dunia Antarklub, di Stadion Mohammed Bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu (9/2/2022) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Chelsea lolos ke final Piala Dunia Antarklub setelah menang 1-0 atas Al Hilal di babak semifinal yang berlangsung di Stadion Mohammed Bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (10/2/2022) dini hari WIB. The Blues akan menghadapi juara Copa Libertadores Palmeiras di partai puncak, Sabtu (12/2/2022).

Tempo permainan berlangsung cepat sejak babak pertama dimulai. Jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim. Chelsea yang mengandalkan Romelu Lukaku di ujung tombak beberapa kali merepotkan pertahanan Al Hilal. Sementara Al Hilal berharap kepada kemampuan Odion Ighalo di ujung tombak.

Baca Juga

Al Hilal menerapkan pressing ketat dan serangan balik cepat untuk mengancam pertahanan the Blues. Pada menit ke-24 Al Hilal memiliki peluang melalui umpan krosing dari sisi kanan gawang Chelsea. Namun pemain belakang Chelsea dengan sigap menghalau jauh dari pertahanan.

Lukaku akhirnya membawa Chelsea unggul 1-0 pada menit ke-32 melalui tembakan kerasnya di jarak dekat gawang Al Hilal. Berawal dari aksi individu Kai Havertz di sisi kiri, ia kemudian mengirimkan umpan lambung ke depan gawang. Namun pemain belakang Al Hilal tak sempurna menghalau bola lambung sehingga jatuh ke kaki Lukaku. Pemain internasional Belgia tersebut dengan leluasa menyodorkan bola ke gawang.

Chelsea semakin percaya diri untuk menambah keunggulan. Hakim Ziyech beberapa kali memanfaatkan kemampuan individunya merepotkan pertahanan Al Hilal. Tetapi percobaannya selalu gagal berbuah gol. Tak ada gol tambahan hingga jeda.

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel melakukan pergantian pemain ketika babak kedua dimulai. Ia memasukkan N’Golo Kante menggantikan Jorginho. Chelsea juga tetap tampil lebih menekan dengan tempo tinggi ketika babak kedua dimulai.

Penguasaan lini tengah oleh Kovacic dan kawan-kawan membuat Al Hilal kesulitan untuk menembus pertahanan lawan. Serangan yang dibangun Al Hilal dari sisi sayap selalu kandas oleh bek-bek tangguh milik Chelsea.

Pada menit ke-52, Mohammed Kanno melakukan tembakan dari luar kotak penalti. Namun tembakannya melambung tipis di atas mistar gawang Chelsea yang dikawal oleh Kepa Arrizzabalaga. Di menit ke-58 mantan pemain Manchester United Ighalo memiliki peluang, namun tembakannya diblok bek Chelsea.

Kepa membuat penyelamatan penting ketika berhadapan satu lawan satu dengan Marega pada menit ke-63. Ia sukses mengagalkan upaya Marega menyamakan kedudukan dengan memblok sontekan pemain 30 tahun tersebut. Al Hilal bermain lebih menyerang sejak memasuki menit ke-60.

Bek-bek Al Hilal bermain lebih ke depan. Transisi dari menyerang ke bertahan juga cukup baik sehingga serangan Chelsea masih lebih mudah dipatahkan. Tuchel kembali melakukan pergantian pemain. Ia menarik keluar Ziyech untuk digantikan Mason Mount.

Keunggulan 1-0 belum aman bagi Chelsea. The Blues berusaha mencari gol tambahan. Pada menit ke-80, tembakan Mount nyaris menggandakan keunggulan jika tak diblok pemain belakang Al Hilal. Tetapi hingga peluit panjang ditiup, skor bertahan 1-0 untuk kemenangan Chelsea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement