Jumat 11 Feb 2022 14:06 WIB

Mandalika Bergeliat

sirkuit Mandalika ini sangat penting dijajal oleh seluruh pembalap MotoGP

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Pengendara sepeda motor melintas di depan taman bundaran Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/2/2022). Pemerintah terus menata taman dan jalan Bypass BIL-Mandalika menjelang tes pramusim MotoGP Mandalika yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit pada 11 hingga 13 Februari 2022.
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Pengendara sepeda motor melintas di depan taman bundaran Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB, Senin (7/2/2022). Pemerintah terus menata taman dan jalan Bypass BIL-Mandalika menjelang tes pramusim MotoGP Mandalika yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit pada 11 hingga 13 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK--Pembalap-pembalap MotoGP tengah berada Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia untuk melakoni tes pramusim 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika yang akan berlangsung dari 11-13 Februari.

Para pembalap dan timnya sudah datang ke Lombok tiga sebelumnya setelah menjalani tes pramusim di Sepang, Malaysia. Hasil tes pramusim di Mandalika akan menjadi penyempurna tes di Sepang sebelum terjun ke balapan pembuka pada GP Qatar di Sirkuit Losail 6 Maret mendatang.

Baca Juga

Tes pramusim merupakan bagian penting bagi pembalap dan timnya untuk melihat apa kekurangan dan keberhasilan pengembangan dari motornya. Tim akan mendapatkan gambaran mengenai kekuatan motornya selama tes pramusim.

Seperti Ducati sebagaimana dikutip dari laman resmi MotoGP menilai mesin barunya menunjukkan peningkatan kecepatan tertinggi dan aero baru serta asupan udara yang diperbarui akan terus ditingkatkan.

Tetapi dari pembalapnya menunjukkan masih ada celah untuk perbaikan.  Gambaran itu menjadi pekerjaan rumah bagi pabrikan Borgo Panigale untuk menyelesaikan semuanya jelang seri pembuka.

Tes pramusim Mandalika akan menjadi penyempurna bagi Ducati terutama memperbaiki bagian depan dan belakan mesin. Tim Aprilia Racing salah satu yang yang mencuri perhatian di tes pramusim Sepang.

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menemukan gambaran positif tentang mesin baru motornya. Epargaro memuji peningkatan dalam kecepatan berbelok dan menikung meskipun ia belum memutuskan sasis mana yang terbaik. Aprilia sudah mengajak sejak tes di Jerez bahwa Mandalika akan menjadi tempat mereka menyelesaikan masalah pada mesinnya.

Di Honda pun sudah menemukan gambaran ketika tes pramusim Sepang. RC213V baru salah satu yang paling mendapatkan perhatian sejauh ini seperti kembalinya sang juara dunia delapan kali Marc Marquez.

Pembalap nomor 93 tersebut sudah pulilh dari cedera dan bersemangat untuk melakoni balapan 2022. Honda akan terus menyempurkan mesin barunya dan Mandalikan dijadikan tempat penyempurna segala sesuatu jelang seri pembuka.

Mereka akan mengerjakan motor pembalap Honda seperti Marquez, Pol Espargaro dari Repsol Honda, Alex Marquez (LCR Honda Castrol) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu).

Selain menjadikan Mandalika sebagai waktu tepat bagi tim dan pembalapnya menyempurnakan segala kekuatan yang berkaitan dengan motor, sirkuit ini juga sangat penting dijajal oleh seluruh pembalap.

Pasalnya, Mandalika adalah sirkuit baru dan GP Mandalika akan berlangsung di seri kedua musim ini yakni 20 Maret bulan depan. Sebagai sirkuit baru, pembalap penting untuk memahami tatak letak dari sirkut, tikungan, trek termasuk cuaca.

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan. Sebagian besar pembalap yang tiba di Lombok sebelum tes pramusim dimulai sudah melihat bagaimana trek sirkuit sambil menikmati keindahan alam dan pantai Lombok.

Pertanyaan besarnya sekarang adalah seberap kondusif Mandalika bagi pembalap MotoGP? Mari kita nantikan siapa yang akan berjaya di GP Mandalika bulan depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement