Jumat 11 Feb 2022 14:18 WIB

Menaruh Harapan dari Penjualan Blockbuster Brooklyn Nets dan Philadelphia 76ers

Simmons meminta pertukaran dari Sixers di akhir musim lalu

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
James Harden (kiri)
Foto: AP/Kathy Willens
James Harden (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dibatas akhir perdagangan atau trade pemain NBA, akhirnya Philadelphia 76ers dan Brookly Nets menyelesaikan perdagangan blockbuster dua pemain bintangnya Ben Simmons dan James Harden.

Butuh waktu 16 bulan, tetapi Daryl Morey akhirnya menukar Ben Simmons dengan James Harden. Eksekutif Philadelphia 76ers memperdagangkan Simmons, bersama dengan penembak jitu Seth Curry ke Brooklyn Nets untuk Harden, menurut Chris Haynes dari Yahoo Sports. 

Harden dilaporkan akan memilih opsi pemain senilai 47,3 juta USD sebagai komitmen untuk Sixers hingga musim depan. Brooklyn juga menerima Andre Drummond dan dua pick putaran pertama, dan Paul Millsap menuju ke Philadelphia, Adrian Wojnarowski dari ESPN melaporkan.

Nets akan memiliki pilihan mereka untuk memilih putaran pertama Philadelphia tahun ini (saat ini No. 22) atau berikutnya, menurut Wojnarowski. Brooklyn juga menerima pick putaran pertama yang dilindungi delapan besar dari Sixers pada tahun 2027.

Jika tidak, pilihan tersebut juga dilindungi oleh delapan besar pada tahun 2028 sebelum beralih ke dua putaran kedua pada tahun 2029.

Dua pekan usai mengundurkan diri dari Houston Rockets pada bulan Oktober 2020, Morey pergi bekerja di Philadelphia mencoba mencabut Harden yang tidak puas dari mantan majikannya. 

Menurut pengakuannya sendiri, Morey melakukan sedikit upaya untuk menjalin hubungan dengan Simmons sebelum menawarinya dalam perdagangan untuk Harden selama tiga bulan masa jabatannya. Simmons meminta pertukaran dari Sixers di akhir musim lalu dan tidak pernah lagi bermain untuk Philadelphia.

Morey masih mengejar Harden dari Nets pada tenggat waktu hari Kamis (10/2/2022) dan kesempatan apa pun yang dia miliki untuk mengembangkan hubungan baik dengan Simmons hilang selama tahun yang liar di antaranya.

Bayangkan bagaimana perasaan Anda tentang bekerja untuk seseorang yang telah melakukan sedikit tetapi mencoba untuk menyingkirkan Anda dari saat ia menjadi bos Anda.

Simmons juga bukan tanpa kesalahan dalam semua ini.  Tidak ada pemain yang lolos dari rumor perdagangan, dan pada saat yang satu ini dimulai, Harden adalah juara bertahan mencetak gol tiga kali dan kandidat MVP tiga besar selama empat tahun berturut-turut.

Dikaitkan dengan kesepakatan untuk Harden bisa dianggap sebagai lencana kehormatan dalam cahaya yang tepat. Harden sekarang menjadi All-Star berusia 32 tahun dengan masalah hamstring kronis di tengah musim yang paling tidak efisien sejak Morey's Rockets mendapatkannya sebagai pemain keenam berusia 22 tahun dari Oklahoma City Thunder. Ini adalah bukti betapa drastisnya persepsi tentang NBA telah berubah untuk kedua pemain dalam waktu satu tahun.

Cemoohan Simmons dari center Sixers Joel Embiid dan pelatih Doc Rivers terlalu berlebihan.  Embiid mengutip keputusan lawan mainnya yang goyah untuk tidak melakukan lay-up di akhir pertandingan sebagai titik balik kekalahan di Game 7 putaran kedua dari Atlanta Hawks. Dia benar. Ditanya setelah kekalahan itu apakah Simmons bisa menjadi point guard untuk tim juara, Rivers mengakui, "Saya tidak tahu jawabannya."  Dia benar.

Itu adalah pil yang sulit untuk ditelan, tetapi itu diperlukan untuk mengatasi kenyataan bahwa Simmons harus lebih baik agar Sixers memenangkan gelar. Itu berfungsi sebagai motivasi untuk beberapa dan bukan untuk yang lain.

Kita akan mengetahui apakah setengah musim di kandang telah mendorong Simmons menjadi pengubah paradigma, tetapi tuntutan kejuaraan dari Kevin Durant dan Steve Nash di Brooklyn tidak akan berbeda dengan Embiid dan Rivers di Philly.

Ada banyak jalan tengah antara Sixers dan Simmons, tetapi tidak ada pihak yang tertarik untuk mencapainya. Dia bisa saja mengembalikan pemain yang lebih baik, bahkan saat dia meminta perdagangan, karena kedua belah pihak diam-diam menjalankan bisnis mereka. 

Simmons dapat mengatasi kekhawatiran utama Morey tentang roster — pertahanan, rebound, playmaking, dan transisi — dan Morey dapat memanfaatkan nilai itu dalam diskusi perdagangan.

Kedua belah pihak memilih jalur kalah-kalah alih-alih proposisi menang-menang.  Simmons menolak untuk melapor ke kamp pelatihan, akhirnya muncul tanpa pemberitahuan, berharap untuk meringankan kerugian finansialnya yang meningkat, dan dilaporkan menolak untuk berpartisipasi dalam latihan, menjamin pemecatannya.

Sixers membocorkan sedikit pun, secara anonim mempertanyakan rintangan kesehatan mental Simmons dan secara terbuka mengadukan nilainya yang berkurang di sekitar liga.

Nets siap untuk memudahkan transisi Simmons ke Brooklyn setelah delapan bulan absen, tetapi mantan pemain draft No. 1 itu sudah berada di halaman yang sama dengan Durant dalam percakapan telepon, menurut Haynes.

Pernyataan publik Morey bahwa dia akan menunggu empat tahun dan 146,6 juta USD tersisa pada kesepakatan Simmons jika itu berarti mendaratkan pemain 30 besar sebagai imbalannya terasa sama konyolnya dengan kesediaan Simmons untuk membakar delapan angka dalam mengejar perubahan  pemandangan, tapi kesepakatan Kamis masing-masing memuaskan keinginan mereka.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah kedua pihak benar-benar memenangkan perdagangan.

Kekuatan Simmons sebagai guard yang dapat diganti dan fasilitator umpan pertama melengkapi mentalitas penilaian Durant dan Irving di atas kertas, tetapi Nets telah menjadi macan kertas.

Durant sedang memulihkan diri dari cedera MCL kiri setelah absen pada musim 2019-20 karena cedera Achilles kanan dan paruh musim lalu karena cedera hamstring kiri. 

Irving hanya memainkan permainan jalan, karena ia menolak untuk memenuhi vaksin di New York City, yang berarti tanggung jawab playoff pada Simmons, yang layu di postseason tahun lalu, masih akan signifikan.

Nets juga memperoleh 40% tembakan 3 poin Curry, yang akan membantu memberi ruang bagi trio All-Star baru mereka, terlepas dari apakah sesama penembak jitu Joe Harris kembali dari cedera atau tidak. Curry bukan kerugian kecil bagi Philadelphia.

Harden masih mencatatkan rata-rata 22,5 poin, 10,2 assist, dan delapan rebound musim ini, meskipun dengan tembakan split 41/33/87 dan upaya lemparan bebas yang lebih sedikit daripada di masa jayanya. 

Itu lebih baik daripada nol yang diberikan Simmons kepada Sixers musim ini, bahkan jika Harden tidak berbuat banyak untuk mengatasi masalah pertahanan Morey pada 76ers.

Harden telah gagal mengembangkan hubungan kerja yang berkualitas dengan superstar Dwight Howard, Chris Paul, Russell Westbrook, Kevin Durant, dan Kyrie Irving — semuanya sejak 2016.

Harden juga melengkapi Embiid di atas kertas, tetapi pemain berusia 32 tahun itu paling sukses dalam karyanya, karir sebagai fokus serangan timnya. Bagaimana Embiid cocok dengan persamaan itu sebagai favorit MVP liga berusia 27 tahun musim ini tidak mudah diselesaikan.

Kemungkinan pertemuan Morey's Sixers dan Simmons' Nets di babak playoff sedang dimainkan, dan kemudian kita mungkin memiliki jawaban untuk siapa yang memenangkan kebuntuan mereka, tetapi menukar satu masalah dengan masalah lain tidak selalu merupakan solusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement