Jumat 18 Feb 2022 19:20 WIB

Meski Kalah dari FC Porto, Sarri Lihat Sisi Positif Permainan Lazio

Lazio menciptakan banyak peluang bersih seperti yang dilakukan Porto di Liga Europa.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Selebrasi pemain Lazio, Mattia Zaccagni usai menjebol gawang Porto.
Foto: (AP Photo/Luis Vieira)
Selebrasi pemain Lazio, Mattia Zaccagni usai menjebol gawang Porto.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO -- Pelatih Lazio Maurizio Sarri melihat sisi positif dalam kekalahan timnya 1-2 dari tuan rumah FC Porto pada play-off babak gugur Liga Europa, di Stadion Dragao, Jumat (18/2/2022) dini hari WIB. Ia mengeklaim ada kemajuan dalam permainan timnya.

Lazio unggul 1-0 pada menit ke-23 melalui Mattia Zaccagni. Namun tuan rumah menyamakan kedudukan pada menit ke-37 melalui Toni Martinez. Porto berbalik unggul ketika babak kedua berjalan empat menit melalui gol kedua Martinez. Kendati demikian, peluang lolos ke babak 16 besar masih terbuka lebar.

Baca Juga

“Itu pertandingan yang bagus melawan lawan yang tangguh. Kami kecewa babak pertama berakhir dengan jalan buntu, karena kami memiliki peluang untuk memimpin dengan mudah saat jeda,” kata Sarri kepada Sky Sport Italia, dilansir dari Football Italia.

Sarri mengakui khawatir ketika memasuki babak kedua, sebab Porto sangat kuat. Lazio sempat goyah selama beberapa menit, tetapi kembali menguasainya dan nyaris menyamakan kedudukan lewat peluang Felipe Anderson.

Ia menambahkan Lazio menciptakan banyak peluang bersih seperti yang dilakukan Porto. Maka dari itu Sarri kecewa karena pulang ke Italia dengan kekalahan. Sarri berharap timnya minimal mendapatkan hasil imbang.

“Satu-satunya masalah adalah pendekatan kami pada awal babak kedua, tetapi saya melihat kemajuan malam ini. Ini adalah pertandingan yang akan sangat kami perjuangkan beberapa bulan lalu,” ujarnya.

Aturan baru yang tak lagi menghitung agregat gol tandang membuat perebutan tiket 16 besar Liga Europa masih terbuka lebar bagi Lazio. Sarri mengatakan anak asuhnya hanya membutuhkan satu gol untuk menyamakan kedudukan.

Mengenai kekuatan Porto, Sarri menilai mereka tim yang sangat bagus dari segi teknis. Lazio menghadapi masalah besar apabila memberikan mereka ruang. Sarri juga tak diuntungkan dengan absennya Ciro Immobile yang demam tinggi sehingga Anderson dan Pedro bergantian berperan sebagai False 9.

“Jelas, mereka memiliki karakteristik tertentu dan tidak bisa bergerak, tetapi mereka menciptakan peluang untuk mencetak lebih banyak gol,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement