Ahad 20 Feb 2022 17:20 WIB

Jelang Valencia Vs Barcelona, Xavi: Setiap Pertandingan Adalah Final

Barca tak terkalahkaan dalam empat partai terakhir.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Reaksi pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez saat pertandingan sepak bola leg pertama play-off Liga Eropa UEFA antara FC Barcelona dan SSC Napoli di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, Jumat (18/2/2022).
Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Reaksi pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez saat pertandingan sepak bola leg pertama play-off Liga Eropa UEFA antara FC Barcelona dan SSC Napoli di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, Jumat (18/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez bereaksi jelang duel berkelas di depan mata. Timnya akan meladeni ketangguhan tuan rumah Valencia dalam lanjutan La Liga Spanyol, di Stadion Mestalla, Ahad (20/2) malam WIB.

Xavi mengetahui pentingnya laga ini bagi mereka. Timnya perlu meraih hasil maksimal jika ingin terus berada di zona top four. Jelas, kemenangan menjadi harga mati.

Baca Juga

"Setiap pertandingan seperti final bagi kami. Kami harus berada di empat besar," kata entrenador 42 tahun ini, dikutip dari Marca.

Blaugrana menempati peringkat keenam klasemen sementara. Dengan mengantongi 39 poin, Frenkie de Jong dan rekan-rekan tertinggal tiga angka dari Atletico Madrid di urutan keempat. Atletico sudah tampil dalam 25 pertandingan.

Barcelona baru menyelesaikan 23 laga. Artinya, peluang Barca melewati sang rival terbuka lebar. Asalkan mereka berjaya di Mestalla terlebih dahulu. 

"Kami sangat membutuhkan poin demi poin. Menang di Valencia, sangat penting," ujar Xavi.

Pada kesempatan serupa, eks juru taktik Al Sadd ini mengeluarkan pujian untuk arsitek tuan rumah, Jose Bordalas. Dua sosok tersebut memiliki ide yang sangat kontras dalam memandang sepakbola.

Namun, Xavi tetap menghormati pilihan lawan mainnya. Ia bahkan menyukai agresivitas yang ditunjukkan Los Che era Bordalas. Taktik seperti itu, sering dipakai ketika bertemu tim-tim dengan gaya penguasaan bola ala Barcelona.

"Mereka bekerja dengan cara yang berbeda dari kami, tetapi saya pikir, dia pelatih hebat. Hasilnya menunjukkan itu," ujar legenda hidup Raksasa Katalunya ini.

Barca tak terkalahkaan dalam empat partai terakhir. Sebanyak dua pertandingan berhasil dimenangkan. Dua laga lainnya, berkesudahan imbang.

Adapun Valencia, belum keluar dari periode negatif. Armada Los murcielagos tak pernah menang di tiga partai terkini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement