Kamis 24 Feb 2022 05:10 WIB

Anthony Elanga Selamatkan MU dari Kekalahan di Markas Atletico Madrid

MU dan Atletico akan kembali bertarung di Stadion Old Trafford pada 16 Maret 2022.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pemain pengganti Manchester United Anthony Elanga merayakan gol ke gawang Atletico Madrid pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2021/2022 di Estadio Wanda Metropolitano, Kamis (24/2/2022) dini hari WIB. MU menahan Atletico 1-1.
Foto: AP/Matt Dunham
Pemain pengganti Manchester United Anthony Elanga merayakan gol ke gawang Atletico Madrid pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2021/2022 di Estadio Wanda Metropolitano, Kamis (24/2/2022) dini hari WIB. MU menahan Atletico 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kemenangan di depan mata Atletico Madrid sirna setelah Manchester United (MU) berhasil menyamakan sekaligus menutup laga dengan skor imbang 1-1 pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2021/2022 di Estadio Wanda Metropolitano, Kamis (24/2/2022) dini hari WIB. Atletico sejatinya membuka gol lebih dahulu melalui tandukan ciamik Joao Felix usai menerima umpan silang Renan Lodi menit ke-7.

Namun keunggulan tersebut tidak bisa dipertahankan Los Colchoneros hingga peluit akhir. Tim tamu menyamakan kedudukan lewat pemain pengganti Anthony Elanga menit ke-80.

Baca Juga

Bermain di hadapan pendukung sendiri Atletico Madrid langsung menyengat pertahanan Man United.

Pergerakan cepat dan kekuatan fisik diperlihatkan oleh anak asuh Diego Simeone. Gol cantik Joao Felix melalui tandukan pada menit ke-6 usai menerima umpan silang terukur Renan Lodi dari sektor kiri, bola lebih dahulu membentur tiang gawang sebelum akhirnya menyarang ke jala David De Gea. Los Colchoneros sementara unggul 1-0 atas Man United.

 

MU yang tertinggal gol mencoba untuk keluar dari tekanan. Peluang Iblis Merah terjadi pada menit ke-15 melalui tembakan spekulasi Bruno Fernandes dari luar kotak penalti.

Tembakan terukur gelandang serang asal Portugal itu sedikit menyentuh bek Atletico yang membuat bola melayang tipis di atas mistar gawang Jan Oblak.

Memasuki menit ke-20 pertandingan mulai memanas para pemain kedua tim saling jegal untuk menahan laju bola di tengah lapangan, yang membuat wasit harus bekerja ekstra keras.

Ronaldo terlihat kesal pada keputusan wasit yang seakan merugikan MU. Pemilik lima Ballon d'Or pun mendapat peringatan pertama dari wasit untuk lebih tenang.

Pada menit ke-39 Ronaldo terlihat kesakitan dan meminta wasit untuk memberikan kartu kuning setelah Marcos Llorente melakukan tekel terhadap dirinya.

Tim tamu unggul penguasaan bola 65 persen berbanding 34 persen milik Atletico Madrid. Akan tetapi jumlah tembakan yang mengarah ke gawang terhitung hanya satu tembakan. Sedangkan, Atletico sukses melepas empat tembakan dengan satu berujung gol.

Tuan rumah nyaris menggandakan kedudukan pada menit ke-44 setelah umpan silang Lodi yang ditanduk oleh Vrsaljko mengenai wajah Lindelof berujung tiang gawang. Hingga peluit babak pertama berakhir skor 1-0 masih bertahan.

Berlangsung sengit pada interval kedua hujan kartu tersaji pada interval kedua pertandingan Atletico Madrid versus MU. Sebanyak tujuh kartu kuning dikeluarkan oleh wasit dengan empat didapat oleh pemain MU dan tiga penggawa Atletico.

Pada menit ke-65 pelatih Ralf Rangnick langsung melakukan tiga rotasi sekaligus dengan menurunkan Nemanja Matic, Alex Telles, Wan-Bissaka  menggantikan Luke Shaw, Victor Lindelof, serta Paul Pogba.

Rangnick memilih untuk memasukan Wan-Bissaka dengan Telles di sektor bek sayap dinilai untuk menjaga pergerakan pemain sayap Atletico.

Berselang 10 menit giliran Rangnick kembali merotasi pemainnya dengan Rashford keluar digantikan Anthony Elanga.

Sedangkan Atletico melakukan pergantian pemain Renan Lodi digantikan oleh Thomas Lemas, pun Antoine Griezmann masuk menggantikan pencetak gol Joao Felix.

MU mendapat peluang dari tendangan bebas setelah gelandang Fred dijatuhkan oleh Angel Correa. Ronaldo yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal mengonversi menjadi gol tembakannya melayang ke atas gawang Jan Oblak.

Penggemar MU bergemuruh setelah Elanga sukses mencetak gol penyeimbang pada menit ke-80. Gol berawal dari umpan terobosan Bruno Fernandes, bek Atletico Reinaldo Mandava gagal melakukan intersep bola yang mengarah ke kaki Elanga.

Dengan tenang penyerang sayap muda asal Swedia, Elanga melepas tembakan mendatar ke pojok gawang Jan Oblak sekaligus mengubah skor menjadi imbang 1-1. Ini merupakan gol perdana sang pemain bersama MU di kompetisi Liga Champions.

Los Colchoneros nyaris kembali mencetak gol pada menit ke-86. Sayang, tembakan Antoine Griezmann dari sisi sebelah kanan membentur tiang gawang De Gea.

Hingga peluit akhir berbunyi skor imbang 1-1 untuk Atletico Madrid melawan Manchester United bertahan. Kedua tim akan kembali bertemu pada leg kedua di Stadion Old Trafford pada 16 Maret 2022 mendatang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement